Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan

Rizki Annisa, Budi Astuti, Budi Naini Mindyarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif  kuantitatif. Penelitian dilaksanakan  di  SMA  negeri  8  semarang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes diagnostik pilihan ganda four-tier. Hasil analisis uji validasi secara keseluruhan aspek persentasenya adalah 80.2% dengan kategori layak digunakan sebagai tes diagnostik pada materi gerak melingkar beraturan.  Tes diagnostik four tier dapat digunakan untuk mendeteksi pemahaman konsep siswa dan miskonsepsi siswa. Siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Semarang teridentifikasi mengalami miskonsepsi pada materi gerak melingkar beraturan dan perlu ditingkatkan pemahamannya.

 

 


Keywords


Four Tier, Gerak Melingkar Beraturan, Tes Diagnostik.

Full Text:

PDF

References


Fadaei. A.S. & C. Mora. (2015). An Investigation About Misconceptions in Force and Motion in High School. US-China Education Review. 5(1), 38-45.

Fariyani.Q., A. Rusilowati., & Sugianto. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa Sma Kelas X. Journal of Innovative Science Education. 4(2), 41-49.

Irsanti. R., I. Khaldun., & L. Hanum. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four- TierDiagnostic Test pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-falah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK). 2(3), 230-237.

Ismail. I.I., A. Samsudin., E. Suhendi., & I. Kaniawati. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. 381-384.

Linuwih, S. 2011. Konsepsi Paralel Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Topik Mekanika. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Minarni., Y, Kurniawan., & R, Muliyani. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Listik Dinamis Menggunakan Three Tier-Test (TTT). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. 3(2), 38-41.

Rusilowati. A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 6(1), 1-10.

Rusli. W., A. Haris., & A. Yani. (2016). Studi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Makasar pada Pokok Bahasan Gerak dan Gaya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 12(2), 192-199.

Sheftyawan. W.B., T. Prihandono., & A. D. Lesmono. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(2), 147-153.

Sudijono. A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Suwarna. (2013). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika melalui CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. Jurnal Laporan Lemlit Analisis Miskonsepsi Dosen Pendidikan Fisika FITK UIN Syarif Hidayatullah. 5(2).

Tiandho, Y. (2018). Miskonsepsi Gaya Gesek Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK). 4(1), 1-9.

Yolenta, D., L. Sutrisno., & Haratua. (2015). Deskripsi Miskonsepsi Siswa SMA Sekecamatan Kapuas Tentang Gerak Melingkar Beraturan Menggunakan Three-Tier Test. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(3), 1-7.

Zulfikar. A., A. Samsudin., & D. Saepuzaman (2017). Pengembangan Terbatas Tes Diagnostik Force Concept Inventory Berformat Four-Tier Test. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 2(1), 43-49.


Article Metrics

Abstract has been read : 3267 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat