Karakteristik keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah fisika berdasarkan gender

Muhammad Maulana Trianggono, Setyaningsih Yuanita

Abstract


Setiap orang memiliki potensi kreatif yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh pengalaman, pola berpikir, cara menentukan sudut pandang, dan faktor-faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan karakteristik keterampilan berpikir kreatif antara laki-laki dan perempuan dalam konteks pemecahan masalah fisika. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa berusia antara 18-20 Tahun yang terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan. Perbedaan karakteristik keterampilan berpikir kreatif tersebut dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t dan secara deskriptif berdasarkan hasil observasi pada pola jawaban dalam tes uraian. Berdasarkan hasil analisis uji-t antara keterampilan berpikir kreatif laki-laki dan perempuan, secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya dengan t hitung (0,75) < t tabel (1,86). Perbedaan karakteristik keterampilan berpikir kreatif baru terlihat pada indikator keterampilan berpikir kreatif, yakni pada indikator fluency, flexibility, dan elaboration, sedangkan pada indikator originality tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Perbedaan karakteristik yang terjadi dalam penelitian ini disebabkan oleh perbedaan pola penalaran antara subjek laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah fisika yang diberikan. Subjek laki-laki cenderung menuangkan banyak ide dan penalaran jawaban yang bervariasi, sedangkan subjek perempuan memiliki kecenderungan untuk merinci secara detail jawaban yang dikemukakannya

Keywords


Keterampilan Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Fisika, Perbedaan Gender

Full Text:

PDF

References


Abraham, A., Thybusch, Kristin., Pieritz, Karoline & Hermann, Christiane. (2013). Gender differences in creative thinking: behavioral and fMRI findings. New York: Springer Science+Bussiness Media. Brain Imaging and Behavior. doi: 10.1007/s11682-013-9241-4

Abraham, Anna. (2015). Gender differences in creative thinking: behavioral and fMRI findings. New York: Springer Science+Bussiness Media. Brain Imaging and Behavior. doi: 10.1007/s11682-015-9410-8

Ai, X. (1999). Creativity and academic achievement: An investigation of gender differences. Creativity Research Journal, 12, 329-337. doi: 10.1207/s15326934crj1204_11

Al-Oweidi, Alia. (2012). Creative Characteristics and Its Relation to Achievement and School Type among Jordanian Students. Creative Freedom, 4(1), 29-34. doi: 10.4236/ce.2013.41004

Guilford, J. P. (1967). The Nature of Human Intelligence. New York: McGraw-Hill

Naderi, Habibollah., Rohani, Abdullah., Hamid, Tengku A., Jamaluddin, Shahrir & Kumar, Vijay. (2009). Gender Differences in Creative Perceptions of Undergraduate Students. Journal of Applied Sciences, 9(1), 167-172. doi: 10.3923/jas.2009.167.172

Trianggono, M.M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1-12. doi: 10.25273/jpfk.v3i1.874


Article Metrics

Abstract has been read : 4191 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat