Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Sosial Guru Fisika SMA di Kabupaten Kulon Progo Pascasertifikasi

Boy Diokta Cahyotlogo, Jumadi Jumadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran peta kompetensi guru fisika SMA di Kabupaten Kulon Progo dari aspek kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Penelitian ini dilaksanakan di tiga belas (13) SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah guru fisika SMA yang sudah memiliki sertifikat pendidik berjumlah 23 guru. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui lembar angket, observasi, analisis dokumen, dan portofolio guru fisika yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penguasaan kompetensi pedagogik guru fisika yang sudah sertifikasi secara keseluruhan masuk dalam kategori baik, (2) penguasaan kompetensi profesional guru fisika yang sudah sertifikasi pada aspek menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi yang diampu masuk dalam kategori baik dan pada aspek menguasai struktur dan metode keilmuan masuk dalam kategori cukup, (3) penguasaan kompetensi kepribadian guru fisika yang sudah sertifikasi secara keseluruhan masuk dalam kategori sangat baik, dan (4) penguasaan kompetensi sosial guru fisika yang sudah sertifikasi secara keseluruhan masuk dalam kategori baik.


Keywords


Peta kompetensi guru; kompetensi pedagogik; kompetensi profesional; kompetensi kepribadian; kompetensi sosial

Full Text:

PDF

References


Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M). (2012). Direktori sekolah madrasah provinsi daerah istimewa yogyakarta tahun 2005-2011. Yogyakarta: Disdikpora

Carin, A.A., & Sund, R.B.(1989). Teaching modern science (3rd ed). Ohio: A Bell & Howell Company.

Depdiknas. (2003). Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Undang-undang republik indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.

LPMP DIY. (2012). Data hasil uji kompetensi guru tingkat SMA/MA/SMK di provinsi daerah istimewa yogyakarta tahun 2012. Yogyakarta: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

Lynn, V. C., & Nixon, J. E. (1985). Physical education: teacher education, guidliness for sport pedagogy. New York: Jhon Wiley & Sons. Inc.

Mastiyah, I. (2004). Profil kompetensi guru pendidikan agama islam di kota bandung. Bandung: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Depag.

Mulyasa, E. (2013). Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

OECD Programme for International Student Assessment (PISA). (2010). PISA 2009 results: executive summary-OECD.Tersedia:www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46619703.pdf. Diakses 30 juni 2014.

Payong, M.R. (2011). Sertifikasi profesi guru (konsep dasar, problematika dan implementasinya). Jakarta: PT. Indeks.

Uno, H.B. (2007). Profesi kependidikan: problema, solusi, dan reformasi pendidikan di indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, R., & Sukirman. (2011). Bahan pendidikan dan latihan profesi guru sertifikasi guru rayon 111 universitas negeri yogyakarta (modul sekolah dasar). Yogyakarta: Kemendiknas UNY.

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Article Metrics

Abstract has been read : 2262 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) Indexed by :

 

Office:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Lt 2 Office Physics Education
email : jpfk@unipma.ac.id


Copyright Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFKISSN 2442-8868 (printed) , ISSN  2442-904X (online)
real
time web analyticsView My Stat