JCARE

Reader Comments

Sewa Mobil Murah di Kuta Bali

by Rental Mobil Bali Lepas Kunci (2019-08-31)


Perdebatan terus berlanjut tentang maskapai asing yang memasuki pasar Indonesia. Ikuti rental mobil bali lepas kunci.

Perdebatan tentang pemerintah yang mengizinkan maskapai penerbangan asing untuk melayani rute penerbangan domestik masih memicu kontroversi, terutama di antara operator pariwisata.

"Tentu saja, asosiasi bisnis wisata selam Indonesia menyambut hangat langkah untuk mengekang biaya tiket pesawat yang tinggi," kata kepala bagian bisnis asosiasi, Andi Makmur Ajie, di Jakarta, Rabu.

Harga tiket penerbangan yang lebih tinggi telah menyebabkan penurunan yang signifikan dalam jumlah turis selam di beberapa daerah di Jawa, katanya.

"Ketika tiket penerbangan rendah, tiket pulang pergi (dari Jakarta) ke Biak adalah Rp7 juta. Tahun ini tiket satu arah dari Jakarta ke Biak adalah Rp8 juta," katanya.

Karena biaya tiket, industri wisata selam menderita kerugian 20 persen, katanya.

Namun, operator tur Rainier H Daulay tidak sependapat dengan Andi.

"Saya ragu maskapai asing akan masuk ke Indonesia. Butuh bertahun-tahun bagi mereka untuk mendapat untung," kata Dauly, yang juga Wakil Ketua Asosiasi Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Tiket penerbangan yang lebih tinggi juga mengakibatkan hotel dan restoran menderita kerugian di seluruh negeri, katanya.

Namun, dia setuju bahwa pemerintah dapat menurunkan pajak pada maskapai domestik, sebagai bagian dari upaya untuk menurunkan biaya tiket.

"Perusahaan-perusahaan penerbangan membutuhkan biaya tinggi, meskipun laba mereka kecil. Daripada mengundang maskapai asing, (pemerintah) lebih baik mengurangi pajak mereka untuk jangka waktu tertentu, sampai ada tarif normal," katanya.