JCARE

Reader Comments

Keunikan Kucing Persia

by sony bakhtiar (2019-02-13)


Perbedaan terbesar antara penglihatan manusia dan penglihatan kucing adalah di retina.
Kucing tidak dapat mendeteksi warna maupun manusia.
Kucing tidak bisa melihat benda yang jauh seperti halnya manusia.
Kucing memiliki kemampuan unggul untuk melihat dalam gelap dibandingkan manusia.
Apa yang dilihat kucing muntah?

Artis Nickolay Lamm berkonsultasi dengan tiga ahli untuk berhipotesis bagaimana kucing memandang dunia dibandingkan dengan manusia.

Perbedaan terbesar antara penglihatan manusia dan penglihatan kucing adalah di retina, lapisan jaringan di belakang mata yang berisi sel-sel yang disebut fotoreseptor. Fotoreseptor mengubah sinar cahaya menjadi sinyal listrik, yang diproses oleh sel-sel saraf, dikirim ke otak, dan diterjemahkan ke dalam gambar yang kita lihat.


Dua jenis sel fotoreseptor dikenal sebagai batang dan kerucut. Batang bertanggung jawab untuk penglihatan tepi dan malam. Mereka mendeteksi kecerahan dan nuansa abu-abu. Kerucut bertanggung jawab atas penglihatan sehari dan persepsi warna.

Kucing (dan anjing) memiliki reseptor batang konsentrasi tinggi dan reseptor kerucut konsentrasi rendah. Manusia memiliki kebalikannya, yang mengapa kita tidak bisa melihat juga di malam hari tetapi dapat mendeteksi warna dengan lebih baik.

Dalam gambar berikut, tampilan manusia di atas dan tampilan kucing di bawah.

Bidang visual - Ini mengacu pada area yang bisa menjadi tempat ketika mata fokus pada satu titik. Ini termasuk apa yang bisa dilihat lurus ke depan, serta di atas, di bawah, dan ke samping. Kucing memiliki bidang visual yang lebih lebar dan lebih tipis, 200 derajat dibandingkan dengan bidang visual manusia rata-rata 180 derajat.

Visi kucing


Ketajaman visual - Ini mengacu pada kejelasan visi. Manusia rata-rata memiliki ketajaman visual 20/20. Ketajaman visual kucing ada di mana saja mulai 20/100 hingga 20/200, yang berarti kucing harus berada pada ketinggian di bantuan sosial 20 kaki untuk melihat apa yang bisa dilihat manusia pada ketinggian 100 atau 200 kaki. Inilah sebabnya mengapa gambar di bawah sangat buram 

Visi kucing
Nickolay Lamm / MyDeals.com
Penglihatan warna - Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa kucing tidak dapat melihat warna apa pun, hanya warna abu-abu. Manusia dikenal sebagai trichromats, artinya mereka memiliki tiga jenis kerucut yang memungkinkan mereka melihat warna merah, hijau, dan biru. Kucing juga dianggap trichromats, tetapi tidak dengan cara yang sama dengan manusia. Visi kucing mirip dengan manusia yang buta warna. Mereka bisa melihat nuansa biru dan hijau, tetapi merah dan merah muda bisa membingungkan. Ini mungkin tampak lebih hijau, sementara ungu bisa terlihat seperti warna biru lainnya. kucing mau melahirkan

Visi Kucing 4
Nickolay Lamm / MyDeals.com
Kucing juga tidak melihat kekayaan warna dan saturasi warna yang sama dengan yang kita dapat.

Visi Kucing 3
Nickolay Lamm / MyDeals.com
Jarak - Kucing tampaknya rabun jauh, yang berarti mereka tidak bisa melihat objek yang jauh juga. Kemampuan untuk melihat benda-benda dekat akan sangat cocok untuk berburu dan menangkap mangsa.

Visi Kucing 5
Nickolay Lamm / MyDeals.com
Penglihatan malam - Kucing tidak dapat melihat detail halus atau warna yang kaya, tetapi memiliki kemampuan unggul untuk melihat dalam gelap karena tingginya jumlah batang di retina mereka pentas seni yang sensitif terhadap cahaya redup. Hasilnya, kucing dapat melihat dengan menggunakan kira-kira seperenam jumlah cahaya yang dibutuhkan manusia.

Visi Kucing 6
Nickolay Lamm / MyDeals.com
Kucing juga memiliki struktur di belakang retina, yang disebut tapetum, yang dianggap dapat meningkatkan penglihatan malam. Sel-sel dalam tapetum bertindak seperti cermin, memantulkan cahaya yang melewati antara batang dan kerucut kembali ke fotoreseptor dan memberi mereka kesempatan lain untuk mengambil sejumlah kecil cahaya yang tersedia di malam hari. Inilah yang membuat mata kucing bersinar dalam gelap.

Apa itu?
Menggunakan Formula adalah strategi pemecahan masalah yang dapat digunakan siswa untuk menemukan jawaban untuk masalah matematika yang melibatkan geometri, persen, pengukuran, atau aljabar. Untuk mengatasi masalah ini, siswa harus memilih formula yang sesuai dan mengganti data di tempat yang tepat dari formula. Masalah berikut ini akan diselesaikan dengan menggunakan rumus:

Jika 46 derajat Celcius, berapa derajat Fahrenheitnya?
Siswa dapat menggunakan rumus F = 1.8C + 32 untuk menemukan solusinya.

Mengapa Itu Penting?
Menggunakan Formula adalah strategi pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk masalah yang melibatkan unit konversi atau mengukur objek geometris. Juga, masalah-masalah dunia nyata seperti memberi tip di restoran, menemukan harga barang yang dijual, dan membeli cat yang cukup untuk ruangan semua melibatkan penggunaan formula.

Bagaimana Anda Dapat Membuatnya Terjadi?
Perkenalkan masalah kepada siswa yang mengharuskan mereka menggunakan rumus untuk menyelesaikan masalah. Sebagai contoh:

Sebuah rumus persegi panjang memiliki luas 40 meter persegi. Jika perimeter persegi panjang adalah 26 meter, berapakah panjang dan lebar persegi panjang itu?
Pahami Masalahnya

Tunjukkan bahwa langkah pertama untuk menyelesaikan masalah adalah memahaminya. Ini melibatkan pengidentifikasian informasi kunci yang diperlukan untuk menemukan jawabannya. Ini mungkin mengharuskan siswa untuk membaca masalah beberapa kali atau memasukkan masalah ke dalam kata-kata mereka sendiri. Berikut adalah beberapa rumus yang dapat digunakan siswa untuk memecahkan masalah ini:

A = L x W
40 = L x W

2W + 2L = P
2W + 2L = 26

(Catatan: L dan W dapat dipertukarkan dalam masalah ini.)

Pilih Strategi menggunakan rumus luas trapesium

Strategi Menggunakan Formula dapat digunakan dalam situasi di mana pengukuran diperlukan untuk menemukan solusinya.

Menyelesaikan masalah

A = L x W
40 = L x W

Saya tahu 40 adalah produk dari 2 dan 20, 4 dan 10, atau 5 dan 8.
2W + 2L = P
2W + 2L = 26

Saya melihat kemungkinan jawaban yang sesuai dengan rumus untuk area persegi panjang. Lalu saya memasukkan angka-angka ke dalam rumus untuk perimeter. Angka 5 dan 8 adalah dua angka yang berfungsi untuk kedua rumus.
Memeriksa

Baca lagi masalah untuk memastikan pertanyaan dijawab.

Saya menemukan panjang dan lebar persegi panjang, 5 meter dan 8 meter.
Periksa matematika untuk memastikan itu benar. 

A = L x W
40 = L x W
40 = 8 x 5
P = 2L + 2W
26 = 2L + 2W
26 + 2 (8) + 2 (5)
Tentukan apakah strategi terbaik dipilih untuk masalah ini, atau apakah ada cara lain untuk menyelesaikan masalah.

Menggunakan formula adalah cakmaman strategi yang baik untuk digunakan untuk masalah ini.
Menjelaskan

Langkah terakhir adalah menjelaskan bagaimana Anda menemukan jawabannya. Tunjukkan cara menulis paragraf yang menjelaskan langkah-langkah yang diambil dan bagaimana keputusan dibuat selama proses berlangsung.

Siswa harus menjelaskan jawaban mereka dan proses yang mereka lalui untuk menyelesaikannya. Penting bagi siswa untuk berbicara atau menulis tentang pemikiran mereka.

Saya tahu rumus untuk luas dan keliling, jadi saya menuliskan formula.

A = L x W
P = 2L + 2W

Saya menambahkan informasi yang saya tahu, yang merupakan area dan keliling persegi panjang ini.

40 = L x W
26 = 2L + 2W

Kemudian saya menuliskan angka yang bisa menjadi panjang dan lebar jika luasnya 40 meter persegi. Saya tahu 40 adalah produk dari 2 dan 20, 4 dan 10, atau 5 dan 8.

Saya mengambil angka-angka yang mungkin dan menggunakannya dengan rumus untuk perimeter. Angka-angka yang tidak sesuai dengan formula ini, saya hilangkan. Saya menghilangkan 2 dan 20 serta 4 dan 10, karena angka-angka itu tidak berfungsi dalam rumus perimeter.

Saya ditinggalkan dengan angka 8 dan 5. Karena mereka dapat dipertukarkan dalam masalah ini, saya menetapkan lebar 5 meter dan panjang 8 meter.
Praktek Berpanduan

Mintalah siswa mencoba memecahkan masalah berikut ini menggunakan strategi Menggunakan Formula.

Dalam segitiga sama kaki, sisi yang tidak sama mengukur setengah panjang salah satu dari dua sisi yang sama. Berapa perimeter jika panjang sisi yang tidak sama adalah 5 cm? Berapa panjang sisi jika kelimeter 80 cm?
Mintalah siswa bekerja berpasangan, dalam kelompok, atau secara individu untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka harus bisa memberi tahu atau menulis tentang rumus belah ketupat bagaimana mereka menemukan jawabannya dan membenarkan alasan mereka. 

Bagaimana Anda Dapat Meregangkan Cara Berpikir Siswa?
Masalah matematika yang membutuhkan rumus bisa sederhana, dengan beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, atau mereka bisa multidimensi, membutuhkan grafik atau tabel untuk mengatur pemikiran siswa. Memasukkan lebih dari satu rumus luas layang-layang dalam suatu masalah, atau memiliki beberapa jawaban yang benar untuk suatu masalah akan membantu meregangkan strategi ini