Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Normal Covid-19.

Authors

  • Diana Rosidah Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v9i1.9885

Keywords:

Kata Kunci, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Disiplin

Abstract

Abstrak

Pada masa new normal Covid-19 terdapat beberapa guru yang mengalami penurunan kedisiplinan. Peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi peran kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Normal Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 kepala sekolah dan 4 guru di RA IU. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purporsive sampling. Analasis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi 3 tahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang 5 indikator peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. 5 indikator tersebut yaitu peran sebagai pendidik (educator), mengikutsertakan guru dalam pelatihan, seminar, dll, melatih public speaking, membantu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mendorong guru menciptakan model pembelajaran yang menarik. Leader (pemimpin), membangun hubungan komunikasi yang baik dan membimbing guru dalam memahami IPTEK. Administrator, mengelola administrasi sekolah dan pengembangan kurikulum. Supervisor, dengan membantu guru menyelesaikan masalah. Motivator, menjadi teladan yang baik, memberikan reward dan punishment, memberi suasana kerja yang nyaman, dan menpengaruhi, mengajak, dan menginspirasi guru untuk selalu meningkatkan kompetensi diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aceh, A. L., Competency, D. T., & Quality, I. E. (2018). Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh. 1, 182–204.

Andriyani, Slamet., S. Dyah C., Susilowati, Tutik. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Guru dan Karyawan. (Online) https://www.neliti.com/publications/116939/peran-kepemimpinan-kepala-sekolah-dalam-menumbuhkan-kedisiplinan-guru-dan-karyaw.

Ayuningtyas, Dian. (2017). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal At-Ta'dib Vol IX No. 1. (Online), https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/31.

Diana, R. C., Zufar, Z., Thaariq, A., & Prasetio, A. (n.d.). THE SUSTAINABILITY OF THE ASSESSMENT RESULT ON THE IMPLEMENTATION OF EARLY CHILDHOOD LEARNING IN KINDERGARTEN WITHIN. 82–91.

Gultom, Sodikin. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Smp Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Iklim, M., Di, K., Maulana, U. I. N., Ibrahim, M., & Sunankalijaga, F. U. I. N. (2019). Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 e-ISSN: 2655-948X. 1, 57–69.

Librianty, N. (n.d.). Studi Tentang Peran Kepemimpinan Kepala. 2(1), 9–17.

Moore, J. L., dkk. (2011). E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

PP 28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar

Pragholapati, A. (2020). COVID-19 IMPACT ON STUDENTS. 1–6.

Prasetijo, P., & Samidjo, S. (2019). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah. 1(1), 1–5.

Pujayanti, N. (2006). PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN STAF DAN KURIKULUM ( Studi Kasus di SMP Negeri 11 Tangerang , Banten ) TESIS Untuk memperoleh gelar Magister Pendidikan Pada Universitas Negeri Semarang.

Rahim, Yulita. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Raudhatul Athfal (RA) di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Tesis Program Pascasarjana (Pps) Universitas Islam Negeri (Uin) Sultan Syarif Kasim Riau. (Online), http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24864.

Rusmawati, V., Tujuan, S. S., & Kepala, K. (2013). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU PADA SDN 018 BALIKPAPAN. 1(2), 395–409.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung:Alfabeta

Uriatman, M. (n.d.). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN. 822–827.

Utanto, Y., & Dewanti, S. S. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid -19.

Widayati, S. (n.d.). Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring. 20, 48–52.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles