Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Sikap Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Aweh, Lebak-Banten

Mulyani Kusherawati, Siti Khosiah, Fahmi Fahmi

Abstract


Abstract
This study aims to determine whether or not there is an influence between authoritative parenting on the self-confidence of children aged 4-5 years. The subjects in this study were children aged 4-5 years and their parents in Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. The method used in this research is the method Ex-post facto with a quantitative approach. The population in this study found 111 children and their parents. The number of samples taken based on the technique Purposive Sampling is 20 children and parents. Testing the validity and reliability of the instrument, normality test, homogeneity test, linearity test, and simple linear regression test processed using program assistance IBM SPSS 22.0 for windows. Based on the results of the study, it can be said that there is a significant influence between authoritative parenting on the self-confidence of children aged 4-5 years in Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. This can be seen from the significant value obtained is 0,000 < 0,05 wich means H0 rejected and H1 accepted.
Keyword: Authoritative Parenting, Confidence Attitude, 4-5 Years Old Children.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pola asuh otoritatif terhadap sikap percaya diri anak usia 4-5 tahun. Subyek pada penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun beserta dengan orang tuanya di Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 111 anak dan orang tua. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu 20 anak dan orang tua. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalits, uji homogenitas, uji linieritas, dan uji regresi linier sederhana yang diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoritatif terhadap sikap percaya diri anak usia 4-5 tahun di Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Lebak-Banten. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Pola Asuh Otoritatif, Sikap Percaya Diri, Anak Usia 4-5 Tahun.


Keywords


Pola Asuh Otoritatif, Sikap Percaya Diri, Anak Usia 4-5 Tahun

Full Text:

PDF

References


Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1(1), 1–8.

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98

Cimi, A., Erlyani, N., & Rahmayanti, D. (2013). Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Dunia Keperawatan, 01(01), 57–63.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257

Fazrin, B. F., Rusdiyani, I., & Khosiah, S. (2018). Hubungan Reward Orang Tua dengan Sikap Percaya Diri Anak. JPP PAUD UNTIRTA, 5(9), 84–86.

Halong, K., Balangan, K., Adawiah, R., Program, D., Ppkn, S., & Ulm Banjarmasin, F. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak. 7(1), 33–48.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (1st ed.). Deepublish.

Jannah, H. (2012). Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek, 1, 257–258.

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana. www.prenadamedia.com

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., & Masgumelar, N. K. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

Ompusunggu, I. (2016). Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi T . A 2014 / 2015. 2(2), 1–9.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuntitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Rosidah, L. (2016). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Fkip Untirta Publishing.

Sari, I. L., Asmawati, L., & Rosidah, L. (2020). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se-Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang-Banten. Jurnal Untirta, 7(1), 23–34.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Sumanto. (2020). Teori dan Aplikasi Metodologi Penelitian. Penerbit ANDI.

Suryana, D. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak (Edisi Pertama). Kencana.

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Deepublish.

Suyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. literasimedi01@gmail.com

Tridhonanto, A., & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Alex Media Kompitundo.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PrenadaMedia.


Article Metrics

Abstract has been read : 1404 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v9i1.9811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN