Pengaruh Pembiasaan Bebasan Jawa Banten Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun

Siti Fatmawati, Luluk Asmawati, Tri Sayekti

Abstract


Banyaknya anak di Kecamatan Kramatwatu yang tidak bisa berkomunikasi dengan orang yang lebih tua di sekitarnya karena perbedaan bahasa tetapi interaksi sosial di Desa Tonjong Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang- Banten dilakukan dengan pembiasaan sebagai mana yang telah peneliti observasi sebelumnya dimana dalam berinteraksi antara anak dengan orang tua menerapkan pembiasaan berbahasa bebasan Jawa Banten. Penelitian ini ditunjukkan untuk mengetahui gambaran secara langsung tentang pengaruh pembiasaan bebasan Jawa Banten terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Tonjong Kabupaten Serang- Banten. Penelitian ini menggunakan metode Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pembiasaan bebasan Jawa Banten terhadap kemampuan interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di Desa Tonjong Kabupaten Serang-Banten.


Keywords


Kata Kunci: Pembiasaan Bebasan, Kemampuan Interaksi, Anak Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 2, (1), 21-33.

Akbar, Eliyyil. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Andarbeni, Sari Lisdian dan Elizzabeth Christian.2019. Studi Tentang Kemampuan Interaksi Sosial Anak Kelompok A dalam Kegiatan Metode Proyek di TK Al-Falah Pungging Mojokerto. Jurnal BK Unesa. Vol. 04,(01), 285-292.

Aprianti, Ema & Rita Nurunnisa. 2020. Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar di Rumah Berbantuan Media Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol .06, (02), 111-118.

Arifin, Yanuar. 2018. Cukuplah Kematian Sebagai Pengingatmu. Jakarta Selatan: Laksana.

Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: RemajaRosdakarya.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Chandrawaty, dkk. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Chudari, A. Mujahid. 2011. tatabahasa bahasa jawa banten. Serang: PustakaSaranaCipta. https://books.google.co.id/books?id=gQ6g6BDKv-kC

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, Nurfitriani Kartika, dan Elina Intan Apriliani. 2019. Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Falah Kecamatan Unggaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Dunia Anak Usia Dini. Vol 1, (2), 84-91.

Ertato, Dwi Agung. 2017. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Etikawati, Agnes Indar, dkk. 2019. Pengembangan Instrumen Pengasuhan Berbasis Nilai Budaya Jawa. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen.Vol. 12, (3), 208-222.

Farida, Nuning & Devi A. Friani.2018. Analisis Manfaat Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini di RA Muslimat Nu 007 Gandu Mlarak Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Prosiding Seminar Proposal Multidisiplin. Vol. 01, (01),86-91.

Fitrianis, Elza dan Yaswinda. 2020. Hubungan Durasi Waktu Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD. Vol. 4,(2), 214-223.

Giyarto. 2018. Selayang Pandang Banten. Klaten: Intan Perwira.

Hanafi, Halid, La Adu, dan Zainuddin. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Handayani, Tri, dan Endang Hangestiningsih. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan penggunaan Bahasa Jawa Siswa di SD Karangmulyo Yogyakkarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 4, (3), 415-419.

Hanief, Yulingga Nanda dan Wasis Himawanto. 2017. Statistika Pendidikan. Sleman: Deepublish.

Iftitah, S. L. 2019. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 111). Duta Media Publishing.

Ihsani, Nurul, Nina Kurniah, dan Anni suprapti. 2018. Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 3, (1), 50-55.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Jaya, Indra. 2019. Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prenada Media

Krisyantono, R. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Pubic Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, A. Widhi, & Zarah Puspitaningtyas, Z. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: PandivaBuku.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajaremas.

Misbahuddin, Muhammad. 2018. Pembiasaan Berbahasa Krama Inggil Sejak Dini, Menguatkan Kembali Peran Kearifan Lokal untuk pembentukan Karakter Anak. Jurnal Rahmatan Lil Alamin. Vol. 1, (1), 21-28.

Mulyasana, Dedi. 2020. Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam dari Wacana Lokal Hingga Tatanan Global. Bandung: Cendekia Press.

Muriā€™ah, Siti dan Khusnul Wardan. 2020. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Ebook: LiterasiNusantara. https://www.google.co.id/books/edition/PSIKOLOGI_PERKEMBANGAN_ANAK_DAN_REMAJA/xGb5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview

Pebriana, Putri Hana.2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol 1, (1), 1-11).

Poedjosoedarmo, S., Kundjana, T., Soepomo, G., & Suharso, A. 2013. Tingkat Tutur Bahasa Jawa. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASA BALAI BAHASA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS22 : Pengolahan Data. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Rahayu, Puspita Puji, dkk.2021. Pengantar Psikologi untuk Kebidanan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Santosa. 2018. Statistika Hospitalitas: Edisi Revisi. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Saraswati, D. 2011. INDONESIAKU KAYA BAHASA. Jakarta: Pacu Minat Baca. https://books.google.co.id/books?id=d86OCwAAQBAJ

Setiaman, S. 2020. Merancang Kuesioner : untuk Penelitian. Jakarta: PPNIQATAR.

Sudariyanto. 2019. Interaksi Sosial. Semarang: ALPRIN.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, Idad. 2016. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (RA). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaiman. 2017. Sekilas Mengenal Kekayaan Budaya Banten. Surabaya: JPBooks.


Article Metrics

Abstract has been read : 752 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v9i1.9747

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN