PENGEMBANGAN MEDIA MAZE ALUR TULIS PADA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS (Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumber Pangkur Ngawi)

Anif Umi Munawaroh, Arwendis Wijayanti, Dita Primashanti Koesmadi

Abstract


Abstract

Development of A Media maze writing groove on the development of fine motor Children group A TK Dharma Women source Pangkur Ngawi school year 2018/2019. This research essentially aims to describe and give an idea of the practicality and effectiveness of the media Maze of writing flow on the development of early childhood fine motor. Where the results of this study eventually obtained data describing the practicality and effectiveness of media Maze of writing flow on the development of early childhood fine motor. This research is a development research that refers to the model of research and development of Borg & Gall. Based on the data obtained shows that the media groove writing is worthy to be used as a support for learning activities. This is demonstrated by some of the assessments that have been done 100% of the child can perform activity I; (2) 93.75% of children can do II activity; (3) 87.5% of children may conduct III activity; (4) 94.78% of children are easy to do activities; (5) 96.85% of children are safe in conducting playing activities with the media groove writing; (6) 98.9% of children feel happy while playing with the media groove writing. This product can be used as an alternative to learning media that is interesting for children, can make the child to be active, creative and enjoyable and worthy to use.

Keywords: fine motor development, maze, groove writing, group A, learning media development.

Abstrak

Pengembangan media maze alur tulis pada perkembangan motorik halus anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sumber Pangkur Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini pada hakekatnya bertujuan untuk mendiskripsikan dan memberikan gambaran tentang kepraktisan dan keefektifan media Maze Alur Tulis pada perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Dimana hasil penelitian ini pada akhirnya diperoleh data yang menggambarkan kepraktisan dan keefektifan media Maze Alur Tulis pada perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa media Maze Alur Tulis layak digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang telah dilakukan 100% anak dapat melakukan kegiatan I; (2) 93,75% anak dapat melakukan kegiatan II; (3) 87,5% anak dapat melakukan kegiatan III; (4) 94,78% anak mudah melakukan kegiatan; (5) 96,85% anak aman dalam melakukan kegiatan bermain dengan media maze alur tulis; (6) 98,9% anak merasa senang saat bermain dengan media maze alur tulis. Produk ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik bagi anak, dapat membuat anak akti, kreatif dan menyenangkan dan Layak untuk digunakan.

Kata Kunci: perkembangan motorik halus, maze, alur tulis, kelompok A, pengembangan media pembelajaran.


Keywords


fine motor development; maze; groove writing; group A; learning media development

Full Text:

PDF

References


Atiyah,U. (2016). Pengembangan Alat

Permainan Edukatif Maze “Papan

Laju Warna” untuk Menstimulasi

Kesiapan Membaca Anak

Kelompok B TK ABA As-Salam

Maredan Sendangtirto, Berbah,

Sleman, di Yogyakarta. Skripsi,

Yogyakarta: UNY Yogyakarta.

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan

Anak. Jakarta: Airlangga

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia

Dini. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Santrock. (2007). Psikologi Pendidikan

Edisi Kedua. Jakarta: Prenada

Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode

Penelitian Pendidikan: Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D.

Bandung.Alfabeta.

Suharsimi, A (2010). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiono, B dkk. (2009). Metode

Pengembangan Fisik. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Tatik, D (2011).Peningkatan

Kemampuan Motorik Halus

Melalui Kegiatan Menjahit

Dengan Metode Demonstrasi Pada

Anak Kelompok B TK Jaya Lestari

Desa Beliti Jaya. Jurnal, Kendari:

IAIN Kendari.

Yasin,M. 2007, EQ untuk anak usia dini

dalam pendidikan

Islam, Yogyakarta: Sketsa.

Wartisah,T. 2015. Tematik-Saintifik Alat

Komunikasi. Jakarta: Erlangga


Article Metrics

Abstract has been read : 1403 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v8i1.6876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN