MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN BERMAIN PADA ANAK USIA DINI

Alfien Baddrin Afdhilla, Syarizal Agam Mahendra

Abstract


Abstract

Multiple Intelligencesis an intelligence theory that has rejected traditional theories before, namely refusing to use IQ as a person's intelligence score. Multiple Intelligences in the form of mathematical logical intelligence, visual spatial, physical kinesik, musical, interpersonal, intrapersonal, linguistic and natural. This intelligence is very important to be developed in children from an early age. The purpose of this study is to analyze how multiple intelligences can be developed through play in early childhood. With this research parents can recognize the intelligence of children and even direct and develop intelligence optimally. This research is a qualitative research with a literature study. Using Miles Huberman's data analysis technique Interactive Analysis to draw conclusions. The results of this study are that playing can improve the development of children's multiple intelligences. Because playing can develop cognitive aspects, abstract thinking, creative thinking, social-emotional, motor, language or communication, and can also develop creativity.

Keywords: Multiple Intelligence, Play, Early Childhood

Abstrak

Multiple Intelligences merupakan teori kecerdasan yang telah menolak teori tradisional sebelumnya, yakni menolak menggunakan IQ sebagai skor kecerdasan seseorang. Multiple Intelligences berupa kecerdasan logis matematis, visual spasial, kinesik jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal, linguistik dan natural. Kecerdasan tersebut sangat penting dikembangkan pada anak sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana multiple intelligences dapat dikembangkan melalui bermain pada anak usia dini. Dengan penelitian ini orang tua dapat mengenal kecerdasan anak bahkan mengarahkan dan mengembangkan kecerdasan secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan. Menggunakan teknik analisis data milik Miles Huberman yakni Analisis Interaktif untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bermain dapat meningkatkan perkembangan kecerdasan majemuk anak. Karena bermain dapat mengembangkan aspek kognitif, berpikir abstrak, berpikir kreatif, sosial-emosional, motorik, bahasa atau komunikasi, dan dapat pula mengembangkan kreativitas.

Kata Kunci: Kecerdasan Majemuk, Bermain, Anak Usia Dini


Keywords


Kecerdasan Majemuk; Bermain; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Gardner, Howard. (1993). Multiple

Intelligences: The Theory in

Practice A Reader. New York:

Basic Books.

Armstrong, Thomas. (2002). Setiap Anak

Cerdas : Panduan Membantu Anak

Belajar dengan Memanfaatkan

Multiple Intelligence-nya. Terj.

Rina Buntaran. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Indra-Supit, Milly C., dkk. (2003).

Multiple Intelligences: Mengenali

dan Merangsang Potensi

Kecerdasan Anak. Jakarta: Ayah

bunda.

Santrock, John W. 2012. LifeSpan. New

York: Mac Graw Hill

Bredekamp, S., & Copple, C. (1997).

Developmentally Appropriate

Practice in Early Childhood

Programs.(Revised Edition).

National Association for the

Education of Young Children, 1509

th Street, NW, Washington, DC

-1426.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I.

E. (2016). Kecerdasan majemuk

pada anak. Sari Pediatri, 7(2), 85-

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan

Majemuk (Multiple Intelligences).

Modul, 1, 1-60.

Navy, A. (2014). Manajemen sumber

belajar dalam meningkatkan mutu

pembelajaran sains (studi kasus di

Pratomseksa (SD) Sassanasuksa

Thailand). Jurnal Pendidikan

Humaniora, 1(4), 388-395.

Lestari, D., Munawar, M., & Karmila, M.

(2018). Upaya Meningkatkan

Kecerdasan Visual-Spasial Melalui

Kegiatan Membatik Pada Anak

Usia 5-6 Tahun Di Kb-Tk Khodijah

Tembalang Tahun Pelajaran

/2017. PAUDIA: Jurnal

Penelitian dalam Bidang Pendidikan

Anak Usia Dini, 7(1).

Wahyuni, I. (2013). Pengaruh Permainan

Gerak dan Lagu Terhadap

Kecerdasan Kinestetik Anak TK A di

RA Perwanida 1 Boyolali Tahun

Pelajaran 2012/2013 (Doctoral

dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta).

Rohmah, N. (2016). Bermain dan

pemanfaatannya dalam

perkembangan anak usia dini.

Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam,

(2).


Article Metrics

Abstract has been read : 6808 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v8i1.6869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN