GURU HUMANIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Alisa Alfina

Abstract


Makalah ini adalah menulis tentang sebuah gagasan mengenai guru humanis bagi anak usia dini. Ada dua jenis guru, yaitu guru humanis dan guru kurikulum. Kedua jenis guru tersebut sama-sama profesional. Namun hasil dari kedua jenis guru tersebut akan menghasilkan pendidikan yang berbeda. Dalam dunia pendidikan memerlukan kedua jenis guru tersebut,namun saat ini guru humanis masih sedikit sekali ditemui. Sementara label guru profesional yang terkait dengan dengan manajemen kerja guru semakin banyak ditemui. Namun, apakah guru yang sudah profesional secara kinerja sudah menjadi guru humanis ? Tidak ada guru yang tidak bisa mengajar, hal ini sama dengan anggapan bahwa tidak ada siswa yang bodoh, semua yang berpfofesi sebagai guru pasti bisa mengajar. Guru humanis PAUD, adalah guru profesional yang melakukan kewajiban kinerjanya, namun memiliki filosofi guru, yaitu makna menjadi guru yang sudah tertanam hatinya. Guru humanis PAUD yang profesional adalah guru yang inspiratif dan memilki kemampuan mengelola manajemen kerja guru, yaitu mampu membuat perencanaan mengajar, kemudian mengaplikasikannya dengan mengajar di kelas, kemudian harus ada evaluasi tentang kualitas pembelajaran.


Keywords


guru humanis; guru profesional; filosofi guru humanis;manajemen kerja guru.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 288 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v3i3.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Care

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN