PENGEMBANGAN PERMAINAN MONRAKED SEBAGAI MEDIA UNTUK MESTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI

M. Fadlillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kualitas atau kelayakan permainan Monraked sebagai media untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini, dan 2) mengetahui kelebihan dan kelemahan permainan Monraked sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Validasi produk dilakukan dengan cara alpha test, beta test, dan evaluasi akhir. Untuk validator apha test yaitu satu ahli materi dan satu ahli media. Setelah alpha test dilaksanakan, kemudian produk direvisi dan dilakukan uji coba yang selanjutnya, yakni beta test. Dalam pelaksanaan beta test yang menjadi subyeknya adalah 4 (empat) orang peserta didik dari kelas Matahari PAUD Griya Nanda Yogyakarta.
Setelah itu, produk dilakukan evaluasi akhir dengan melibatkan 18 (delapan belas) orang peserta didik dari kelas Matahari. Semua subyek tersebut diminta untuk memberikan penilaian tentang kualitas produk Monraked sebagai media pembelajaran. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian adalah: 1) hasil evaluasi sumatif menunjukkan bahwa permainan Monraked layak atau baik digunakan sebagai media untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini. Hal ini didasarkan pada hasil skor penilaian yang mencapai rata-rata 3,94 yang berarti masuk kategori baik. 2) permainan Monraked mempunyai kelebihan sebagai media
pembelajaran logika matematika yang asyik dan menyenangkan, aman digunakan oleh anakanak,dapat dipakai kapan dan di mana saja, serta mampu mestimulasi kecerdasan yang lain,seperti motorik, bahasa, dan sosial emosional. Sedangkan kelemahanya ialah materi bersifatpermanen, memerlukan tempat yang luas, dan membutuhkan waktu lama untukmenyelesaikannya. Hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa permainanMonraked dapat digunakan sebagai media pembelajaran logika matematika anak usia dini.


Keywords


permainan Monraked;media pembelajaran; logika matematika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 3422 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v4i1.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Care



Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN