DOMPET PELANGI SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA)
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini memiliki semboyan bermain sambil belajar, sehingga dalam pendidikan anak usia dini membutuhkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang membuat anak tidak mudah bosan, aman, nyaman dan bermanfaat untuk anak. APE digunakan untuk meningkatkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai peneliti aktif yakni peneliti praktek langsung dalam pembelajaran dengan alat permainan edukatif. Dompet pelangi dapat meningkatkan enam aspek standar tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu aspek nilai agama dan moral, aspek sosial-emosional, aspek fisik-motorik, aspek kognitif, aspek bahasa, dan aspek seni.
Keywords
References
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo
Maria Ulfah. 2019. Junaedah, Buku Saku Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Sulawesi Selatan: Aksara Timur
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2015
Riany Ariesta. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: Sandiarta Sukses
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta :Reineka Cipta
Lexy. J. Moleong, M.A., 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya
Badru Zaman. 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media
Article Metrics
Abstract has been read : 1251 timesDOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v7i2.5505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN