DOMPET PELANGI SEBAGAI ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA)

Zulfa Isnia Azmi

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini memiliki semboyan bermain sambil belajar, sehingga dalam pendidikan anak usia dini membutuhkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang membuat anak tidak mudah bosan, aman, nyaman dan bermanfaat untuk anak. APE digunakan untuk meningkatkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai peneliti aktif yakni peneliti praktek langsung dalam pembelajaran dengan alat permainan edukatif. Dompet pelangi dapat meningkatkan enam aspek standar tingkat pencapaian perkembangan anak, yaitu aspek nilai agama dan moral, aspek sosial-emosional, aspek fisik-motorik, aspek kognitif, aspek bahasa, dan aspek seni.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini; APE; STPPA; Dompet Pelangi.

References


Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo

Maria Ulfah. 2019. Junaedah, Buku Saku Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Sulawesi Selatan: Aksara Timur

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2015

Riany Ariesta. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: Sandiarta Sukses

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta :Reineka Cipta

Lexy. J. Moleong, M.A., 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya

Badru Zaman. 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media


Article Metrics

Abstract has been read : 906 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN