PENINGKATAN MUTU LEMBAGA MELALUI OPTIMALISASI MANAGEMEN TENAGA PENDIDIK DAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS KB AZ ZAHRA, BERBAH, SLEMAN)

Maharani Maharani

Abstract


Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan oleh KB Az Zahra dalam mencapai nilai  akreditasi yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi berhubungan dengan pemahaman tentang bagaimana keseharian dan dunia kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa KB Az Zahra telah memenuhi 7 dari 8 standar pendidikan, sehingga tidak bisa mendapatkan nilai A. Perolehan nilai akreditasi lembaga adalah B bulat. Hal tersebut dikarenakan oleh latar belakang pendidikan pendidik PAUD yang belum linier/ relevan. Sehingga, pengurus yayasan berusaha mencarikan beasiswa pendidikan SI PGPAUD untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu pendidik dan tenaga kependidikan sebagai upaya meningkatan mutu lembaga.

Abstract This study aimed to describe the work done by Az Zahra Playgroup in achieving the expected value of accreditation. The method used in this study was conducted using qualitative method with phenomenological approach. Phenomenology associated with an understanding of how the world of everyday life and everyday life. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results showed that Az Zahra Playgroup has met seven of the eight standards of education, so it can not get an A. Acquisition value of accreditation is the B round. That is because the educational background of early childhood educators who have linear / relevant. Thus, the board of trustees try to find scholarships bachelor of Early Childhood Education to improve the Human Resources (HR) early childhood teachers and improving the quality of institutions.


Keywords


mutu lembaga ; akreditasi ; tenaga pendidik ; quality of institutions ; accreditation ; educators

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali, 1996) Lexy J. Moeloeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011) Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metodologi Penelitian Survey, (Jakarta: LP3ES, 1987) Pawito, “Penelitian Komunikasi Kualitatif”, (Yogyakarta: LKIS, 2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Dan Kebudayaan . Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud. Suyadi, “Manajemen PAUD TPA-KBTK/RA” Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan PAUD”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D, (Bandung: Alfabeta, 2009) Sutrisno Hadi, “Metode Penelitian Research II”, (Yogyakarta: Andi Offset, 1987) -, Diunduh pada: http://www.kan.or.id/?page_i d=2959〈=id, tanggal 3 Juni 2016 pukul 17.09


Article Metrics

Abstract has been read : 4071 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v7i1.4693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN