PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK CANDRA SIWI TAMA KOTA MADIUN

Hemy Kustiyam

Abstract


Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui kegiatan permainan tradisional pada Kelompok B TK Candra Siwi Tama. Permainan tradisional yang digunakan dibatasi pada permainan Jamuran, Engklek, dan Cublak-cublak Suweng. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan subjek yaitu anak didik kelompok B TK Candra Siwi Tama yang berjumlah 21 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Penelitian mengenai kemampuan kerjasama ini telah melalui proses validasi instrumen guna memperoleh validitas dan reliabilitas instrument penelitian.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Kegiatan pra tindakan yang mengawali penelitian ini menghasilkan data bahwa nilai rata-rata kemampuan kerjasama anak baru mencapai nilai 15%. Tindakan dalam penelitian kemampuan kerjasama ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil dari siklus II, nilai rata-rata kemampuan anak telah mencapai nilai 81%. Perkembangan ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana penelitian dikatakan berhasil apabila telah mencapai nilai 76%. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil.


Keywords


kemampuan kerjasama; aktivitas permainan tradisional

Full Text:

PDF

References


Ahmad Yunus (Ed). (1980). Permainan Rakyat DIY. Yogyakarta: Depdikbud.

Ali Nugraha, dkk. (2004). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ary Ginanjar Agustian. (2000). Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Tilanta.

Mahmud. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mayke. S. Tedjasaputra. (2001). Bermain Dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Saifudin Azwar. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Soetoto Pontjopoetro. (2006). Permainan Anak Tradisional dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Dikbud.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirman Dharmamulya. (2008). Permainan Tradisional Jawa.Yogyakarta: Kepel Press.

Tim Penyusun Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak . (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran diTaman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Wijaya Kusuma, dkk. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract has been read : 1859 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i1.3962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN