Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok Bmelalui Kegiatan Mewarnai Gambar di RA Al Muta A’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Lily Yuntina Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Dan KeguruanPanca Sakti Kota Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.3961

Keywords:

kreativitas anak, kegiatan mewarnai gambar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Peningkatan  kreativitas anak usia dini    melalui kegiatan mewarnai gambar. Penelitian ini dilaksanakan  di  RA  Al Muta’ Alimin Jati Rahayu Pondok Gede Kota  Bekasi pada Februari sampai dengan  April 2017 Metode yang digunakan adalah  Penelitian Tindakan ,Rancangan penelitian Model Kemmist dan Taggart , yaitu Setiap Siklus ada 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan,Pengamatan dan Refleksi. Penelltian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Objek Penelitian pada anak  kelompok B usia 5-6 tahun , Jumlah siswa  ada 18  siswa , terdiri  10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah  data  kreativitas anak dan data pengajaran guru melalui kegiatan mewarnai gambar. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi..Instrument penelitian  berupa  pencatatan wawancara, lembar pemantau tindakan dan  catatan lapangan. Teknik analisis data  adalah teknik analisis komparatif. Hasil analisis peningkatan kreativitas  anak rata-rata  pada prasiklus  47,2 % artinya  kreativitas  anak mulai berkembang.Setelah dilakukan tindakan siklus I maka  peningkatan kreativitas anak mencapai 64,6 % artinya  peningkatan kreativitas anak berkembang sesuai harapan namun sudah ada peningkatan. Setelah dilakukan tindakan Siklus II rata-rata peningkatan kreativitas anak  meningkat  signifikan  83,3% Hal tersebut menunjukan kesesuaian dengan hipotesis maka hipotesis diterima.Dengan demikian  dapat dinyatakan  bahwa kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kreativitas  Anak   dengan hasil Berkembang Sangat  Baik .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani dkk (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Purwakarta: Alma Sejahtera.

Hardjadinata, Yohana. (2009). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Hirai Maya. (2010). Batitaku Mandiri.Jakarta: Dian Rakyat

Kunandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Raja Grafindo Persada,

Listya, Nurwanti. (2010).Panduan Praktis Menggambar Dan Mewarnai Untuk Anak. Jogjakarta:Power Books.

Martinis Yamin dkk. (2012). Panduan PAUD.Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Muhammad, As’adi. (2009). Kreasi Origami Favorit. Jakarta:Kawan Pustaka.

Nurani, Yuliani Sujiono. (2009). Anak Pintar Membaca dan Mewarnai. Yogyakarta:Laksana.

__________________________. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia. Jakarta: DIKTI.

Nusa Putra dkk. (2012). Penelitian Kualitatif PT Raja Grafindo Persada.

Sabrina. (2010).Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek

Suharsimi Arikuto dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Yeni Rachmawati dkk. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana,

Downloads

Published

2017-07-30

Issue

Section

Articles