Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok Bmelalui Kegiatan Mewarnai Gambar di RA Al Muta A’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v5i1.3961Keywords:
kreativitas anak, kegiatan mewarnai gambarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Peningkatan kreativitas anak usia dini   melalui kegiatan mewarnai gambar. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al Muta’ Alimin Jati Rahayu Pondok Gede Kota Bekasi pada Februari sampai dengan April 2017 Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan ,Rancangan penelitian Model Kemmist dan Taggart , yaitu Setiap Siklus ada 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan,Pengamatan dan Refleksi. Penelltian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Objek Penelitian pada anak kelompok B usia 5-6 tahun , Jumlah siswa ada 18 siswa , terdiri 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data kreativitas anak dan data pengajaran guru melalui kegiatan mewarnai gambar. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi..Instrument penelitian berupa pencatatan wawancara, lembar pemantau tindakan dan catatan lapangan. Teknik analisis data adalah teknik analisis komparatif. Hasil analisis peningkatan kreativitas anak rata-rata pada prasiklus 47,2 % artinya kreativitas anak mulai berkembang.Setelah dilakukan tindakan siklus I maka peningkatan kreativitas anak mencapai 64,6 % artinya peningkatan kreativitas anak berkembang sesuai harapan namun sudah ada peningkatan. Setelah dilakukan tindakan Siklus II rata-rata peningkatan kreativitas anak meningkat signifikan 83,3% Hal tersebut menunjukan kesesuaian dengan hipotesis maka hipotesis diterima.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kreativitas Anak  dengan hasil Berkembang Sangat Baik .
Downloads
References
Aryani dkk (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Purwakarta: Alma Sejahtera.
Hardjadinata, Yohana. (2009). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Hirai Maya. (2010). Batitaku Mandiri.Jakarta: Dian Rakyat
Kunandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Raja Grafindo Persada,
Listya, Nurwanti. (2010).Panduan Praktis Menggambar Dan Mewarnai Untuk Anak. Jogjakarta:Power Books.
Martinis Yamin dkk. (2012). Panduan PAUD.Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Muhammad, As’adi. (2009). Kreasi Origami Favorit. Jakarta:Kawan Pustaka.
Nurani, Yuliani Sujiono. (2009). Anak Pintar Membaca dan Mewarnai. Yogyakarta:Laksana.
__________________________. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia. Jakarta: DIKTI.
Nusa Putra dkk. (2012). Penelitian Kualitatif PT Raja Grafindo Persada.
Sabrina. (2010).Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek
Suharsimi Arikuto dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Yeni Rachmawati dkk. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana,
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.