Meningkatkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Melipat Menggunakan Metode Demonstrasi Di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Madiun, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi dalam kegiatan melipat.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif, di mana data disajikan sesuai dengan fakta yang terjadi untuk mengetahui aktivitas dan respon siswa selama proses pembelajaran. Kemudian, data diperoleh dengan teknik observasi dan dokumentasi. Data hasil observasi siswa berkaitan dengan usaha, ekspresi dan kemampuan siswa. Sedangkan kriteria pengamatan guru meliputi kecermatan, kerapian dan ketepatan anak dalam melakukan kegiatan melipat yang kemudian dianalisis dengan memberikan skor yang telah ditentukan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Madiun kelompok A dengan jumlah peserta didik 11 anak semester I tahun pelajaran 2014/2015. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kecermatan peserta didik yang pada siklus I hanya 2,5 meningkat menjadi 3,1 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata kerapian peserta didik sebesar 2,4 pada siklus I mengalami kemajuan sebesar 3,2 pada siklus II. Untuk nilai rata-rata ketepatan peserta didik pada siklus I adalah 2,8 meningkat menjadi 3,4 pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan melipat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asep Hery Hernawan, Badru Zaman, Cucu Eliyawati. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar Kompetensi: Taman Kanak-Kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas.(2004). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi. Jakarta.
Http://dedidwitagama.wordpress.com/, diakses tanggal 6 Juli 2014
Http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/, diakses tanggal 6Juli 2016
Http://www.kabarinews.com/ seni - melipat - kertas – memacu –kreativitas - otak, diakses tanggal 8 Juli 2016
Moeschatoen. (2004). Metode pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: RinekaCipta.
Pamadi Hajar dan Sukardi, S. Evan. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Suhardjono, Suharsimi Arikunto, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara
Surya Dharma, MPA., Ph.D. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Depdikanas
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Winda, Gunarti, Lilis Suryani, Azizah Muis. (2008). Media Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Article Metrics
Abstract has been read : 1701 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i1.3960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN