Meningkatkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Melipat Menggunakan Metode Demonstrasi Di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun

Lusy Mariyani

Abstract


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Madiun, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi dalam kegiatan melipat.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif, di mana data disajikan sesuai dengan fakta yang terjadi untuk mengetahui aktivitas dan respon siswa selama proses pembelajaran. Kemudian, data diperoleh dengan teknik observasi dan dokumentasi. Data hasil observasi siswa berkaitan dengan usaha, ekspresi dan kemampuan siswa. Sedangkan kriteria pengamatan guru meliputi kecermatan, kerapian dan ketepatan anak dalam melakukan kegiatan melipat yang kemudian dianalisis dengan memberikan skor yang telah ditentukan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa TK Siwi Peni I Oro-Oro Ombo Madiun kelompok A dengan jumlah peserta didik 11 anak semester I tahun pelajaran 2014/2015. Setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kecermatan peserta didik yang pada siklus I hanya 2,5 meningkat menjadi 3,1 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata kerapian peserta didik sebesar 2,4 pada siklus I mengalami kemajuan sebesar 3,2 pada siklus II. Untuk nilai rata-rata ketepatan peserta didik pada siklus I adalah 2,8 meningkat menjadi 3,4 pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan melipat.

 


Keywords


motorik halus anak; kegiatan melipat; metode demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Asep Hery Hernawan, Badru Zaman, Cucu Eliyawati. (2005). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Standar Kompetensi: Taman Kanak-Kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas.(2004). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi. Jakarta.

Http://dedidwitagama.wordpress.com/, diakses tanggal 6 Juli 2014

Http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/, diakses tanggal 6Juli 2016

Http://www.kabarinews.com/ seni - melipat - kertas – memacu –kreativitas - otak, diakses tanggal 8 Juli 2016

Moeschatoen. (2004). Metode pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: RinekaCipta.

Pamadi Hajar dan Sukardi, S. Evan. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Suhardjono, Suharsimi Arikunto, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara

Surya Dharma, MPA., Ph.D. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Depdikanas

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta

Winda, Gunarti, Lilis Suryani, Azizah Muis. (2008). Media Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract has been read : 1701 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i1.3960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN