MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KUCING-KUCINGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK RT 17 KEJURON KOTA MADIUN
Abstract
RT 17 Kejuron melalui permainan tradisional kucing-kucingan pada aspek keseimbangan,
kecepatan dan kelincahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom
action research) kolaboratif. Subyek penelitian kelompok B yang berjumlah 24 anak.
Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B dari aspek
keseimbangan pra tindakan 25.00%, siklus I menjadi 44.45% dan siklus II sebesar
83.33%. Aspek kecepatan pra tindakan sebesar 12,50%, siklus I menjadi 44.44% dan
siklus II sebesar 83.34%. Aspek kelincahan pra tindakan 8,33%, siklus I menjadi 36.16%
dan siklus II sebesar 79.17% dari jumlah anak. Secara keseluruhan kemampuan motorik
kasar anak berada dalam keadaan cukup baik sebesar 65.28% meningkat pada siklus 1
menjadi 77.62% dan meningkat pada siklus II menjadi 93.75% sehingga dari hasil tersebut
dapat dikatakan berhasil karena 75% dari jumlah anak mencapai indikator kemampuan
motorik kasar pada kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono. (2010). Pengantar
Statistik Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Andang Ismail. (2006). Education Games
“ Menjadi Cerdas dan Ceria
dengan Permainan Educatif”.
Yogyakarta: Pilar Media.
Bambang Sujiono, dkk. (2008). Metode
Pengembangan Fisik. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Depdikbud. (1983). Permainan AnakAnak Daerah Istimewa
Yogyakarta. Yogyakarta:
Depdikbud, Proyek Inventaris dan
Dokumentasi Kebudayaan
Daerah.
Endang Rini S. (2007). Diklat
Perkembangan Motorik.
Yogyakarta: FIK UNY.
Harun, dkk. (2009). Asesmen
Perkembangan Anak Usia Dini.
Yogyakarta: Multi Pressindo.
Elizabeth B. Hurlock. (1978).
Perkembangan Anak (alih bahasa:
Meitasari Tjandrawa). Jakarta:
Erlangga.
Pardjono. (2007). Panduan Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta:
Lemlit UNY.
Rika Dian Kurniawan. (2010).
Permainan. Diambil dari:
http://difinicinta.blogspot.com.
Diakses tanggal 5 Maret 2013.
Rochiati Wiriaatmadja. (2006).
Metode Penelitian Tindakan Kelas
untuk Meningkatkan Kinerja Guru
dan Dosen. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik
di Taman Kanak- Kanak. Jakarta:
Litera.
Slamet Suyanto. (2005).
Konsep Dasar Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta. Depdiknas.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek. Jakarta: Erlangga.
Sukadiyanto. (2010). Pengantar Teori dan
Metodologi Melatih Fisik.
Bandung: Lubuk Agung.
Sukirman Dharmamulyo, dkk. (2008).
Permainan Tradisional Jawa.
Yogyakarta: Kepel Press.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan
Keterampilan Motorik Anak Usia
Dini. Jakarta. Depdikas.
Suwarsih Madya. (2006). Teori dan
Praktek Penelitian Tindakan.
Yogyakarta: Lembaga Penelitian
UNY.
Yudha M. Saputra. (2005). Pembelajaran
Kooperatif Untuk Meningkatkan
Keterampilan Anak TK. Jakarta:
Depdiknas.
Article Metrics
Abstract has been read : 1327 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v5i2.3110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.