PENGARUH PERCOBAAN SAINS LUKISAN LILIN TERHADAP KEDISIPLINAN ANAK

Veny Iswantiningtyas

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
percobaan sains lukisan lilin terhadap kedisplinan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak
Dharma Wanita Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian
adalah semua anak kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Kecamatan Plosoklaten
Kabupaten Kediri. Penelitin ini menggunakan desain penelitian PreExperimental Design jenis OneGroup Pretest-Posttest Design. Analisis data menggunakan statistik non parametik uji jenjang
wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan percobaan
sains lukisan lilin terhadap kedisipinan anak usia dini.


Keywords


Percobaan Sains; Lukisan Lilin; Kedisiplinan Anak

Full Text:

PDF

References


Adhe, Kartika R. (2016). Membangun

Kedisiplinan dengan Bercerita.

Jurnal PAUD Kajian teori dan

Praktik Pendidikan Anak Usia

Dini. Volume 2 No.1. Malang :

Universitas Negeri Malang

Aulina, Choirun N. (2013). Penanaman

Disiplin Anak. Jurnal

Pedagogia.Vol.2 No.1 Hal.36-

Universitas Muhamadiyah

sidoarjo

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta : Rineka

Cipta.

Chasanah, Risnaeni. (2014). Pendidikan

Karakter Melalui Perconaan

Sains Sederhana untuk Anak

Usia Dini. Bantul: Kreasi

Wacana

Hurlock, E.B. (1978). Perkemnangan

Anak Jilid I. Jilid keenam.

Jakarta : Erlangga

Kostelnik, Marjorie, dkk. (2007).

Developmentally Appropriate

Curriculum. Ohio: Person

Rimm, S. (2003). Mendidik dan

Menerapkan Displin pada

Anak Prasekolah. (Alih

Bahasa:Lina Yusuf). Jakarta :

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R &

D. Bandung : Alfabeta

Taniredja, T dan Mustafidah, H. (2012).

Penelitian Kuantitatif Sebuah

Pengantar. Bandung :

Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 881 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v5i2.3106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN