Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sunda Manda Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kelun

Authors

  • Mariyati Mariyati TK Dharma Wanita Kelun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v6i1.3098

Keywords:

Kemampuan Motorik Kasar, Sunda Manda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa melalui permainan sunda manda di Kelompok B TK Dharma Wanita Kelun Kota Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Kelun yang berusia 5-6 tahun, jumlahnya 9 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar siswa khususnya keseimbangan, kekuatan dan kelincahan. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berupa permainan sunda manda dengan urutan rintangan setinggi 10 cm dalam satu kali permainan. Siklus II berupa perbaikan cara bermain dan perbaikan pelaksanaan pembelajaran, tindakan yang dilakukan. Keterampilan yang diamati dalam permainan sunda manda pada siklus I dan siklus II yaitu keseimbangan, kekuatan,dan kelincahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat ditingkatkan menggunakan permainan sunda manda. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase jumlah anak dalam satu kelas menunjukkan keseimbangan dalam mempertahankan posisi badan tetap tegap dan menjaga badannya tidak jatuh, hasil peningkatan persentase dalam satu pada Siklus I sebesar 64,1%, Siklus II meningkat menjadi 91,8%. Kekuatan dalam memiliki tumpuan dan tolakan yang kuat sehingga dapat meloncat tinggi dan jauh, hasil peningkatan persentase dalam satu kelas pada Siklus I sebesar 48,1%, Siklus II mencapai 76,1%. Kelincahan siswa dalam melakukan gerakan meloncat dengan cepat saat perpindahan, tumpuan dan tolakan seolah tidak ada jeda saat mendarat dan menolak, hasil peningkatan persentase dalam satu kelas pada Siklus I mencapai 54,2%, Siklus II meningkat menjadi 76,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mariyati Mariyati, TK Dharma Wanita Kelun

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa melalui permainan sunda manda di Kelompok B TK Dharma Wanita Kelun Kota Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Kelun yang berusia 5-6 tahun, jumlahnya 9 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar siswa khususnya keseimbangan, kekuatan dan kelincahan. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berupa permainan sunda manda dengan urutan rintangan setinggi 10 cm dalam satu kali permainan. Siklus II berupa perbaikan cara bermain dan perbaikan pelaksanaan pembelajaran, tindakan yang dilakukan. Keterampilan yang diamati dalam permainan sunda manda pada siklus I dan siklus II yaitu keseimbangan, kekuatan,dan kelincahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar dapat ditingkatkan menggunakan permainan sunda manda. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase jumlah anak dalam satu kelas menunjukkan keseimbangan dalam mempertahankan posisi badan tetap tegap dan menjaga badannya tidak jatuh, hasil peningkatan persentase dalam satu pada Siklus I sebesar 64,1%, Siklus II meningkat menjadi 91,8%. Kekuatan dalam memiliki tumpuan dan tolakan yang kuat sehingga dapat meloncat tinggi dan jauh, hasil peningkatan persentase dalam satu kelas pada Siklus I sebesar 48,1%, Siklus II mencapai 76,1%. Kelincahan siswa dalam melakukan gerakan meloncat dengan cepat saat perpindahan, tumpuan dan tolakan seolah tidak ada jeda saat mendarat dan menolak, hasil peningkatan persentase dalam satu kelas pada Siklus I mencapai 54,2%, Siklus II meningkat menjadi 76,1%.

References

Acep Yoni Dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Ami Sisilia Sari. (2012). Perkembangan Motorik Kasar Anak TK. Diakses dari Http://Amisisiliasari.Blogspot.Com/2012/12/Perkembangan-Motorik-KasarAnak-Tk.Html.

Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. (alih bahasa: Zio Perdana). Yogyakarta: Diva Press.

DwiSunar Prasetyono. (2008). Biarkan Anakmu Bermain. Yogyakarta: Diva Press.

Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Imas Kurniasih. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edukasia.

Santrock W, John. (2008). Life-Span Development. New York: Mc Graw Hill.

Kamtini & Husni Wardi Tanjung. (2005). Bermain Melalui Gerak Dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Kasihani Kasbolah. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan.

Mukhtar Latif et al. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.

Mulyasa. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nelva Rolina. (2012). Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ombak.

Rochiati Wiraatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

______.(2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.

Sisca Rahmadona. (2012). Pembelajaran Untuk Paud. Diakses dari Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Lain-Lain/Sisca-RahmadonnaSpdMpd/Pembelajaran%20untuk%20paud.Pdf

Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan 2010. Yogyakarta: Aditya Media.

Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mayke Tedjasaputra S. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.

Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukadiyanto & Dangsina Muluk. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Downloads

Published

2018-09-04

Issue

Section

Articles