MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DEMANGAN

Supiani Supiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan motorik kasar permainan gobak sodor pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Demangan. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan motorik kasar pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Demangan. Penelitian ini merupakan penelittian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Dharma Wanita Demangan yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian adalah kelincahan gerak anak. Tindakan yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian kondisi awal kelincahan gerak melintasi 5 buah rintangan sejauh 20 meter; Anak yang sangat lincah berjumlah 2 anak (15,38%), setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, anak yang sangat lincah berjumlah 6 anak (46,15%), pada Siklus II meningkat menjadi 11 anak (84,61%). Keaktifan anak menghindari 5 buah rintangan sejauh 20 meter pada Siklus I anak yang sangat aktif berjumlah 6 anak (46,15%), padaSiklus II meningkatmenjadi 11 anak (84,61%). Penelitian dihentikan sampai Siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator.

Keywords


Permainan gobak sodor; Kemampuan motorik kasar

Full Text:

PDF

References


Aip Syarifuddin. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Aita Lie. (2013). Menjadi Orang Tua Bijak; 1001 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak Usia Balita Sampai Dewasa. Jakarta: Gramedia. Anas

Sujdiono. (1986). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Bambang Sujiono, dkk. (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Ditjen Mendiknas.

David L. Gallahue & Jhon C. Ozmun. (2002). Undarstanding Motor Development; Infants, Children, Adolescents, Adults. New York: Mc Grow Hill.

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Departeman Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Endang Rini Sukamti. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Hajar Pamadhi. (2001). Bermain Gobak sodor. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Harun Rasyid, Mansyur, & Suratno. (2012). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media.

Hurlock B. Elizabeth. (1998). Perkembangan Anak (Terjemahan: Med Meitasari Tjandrasa dan Muchican Zarkasim). Jakarta: Erlangga.

K. Eileen Allen & Lynn R. Marotz. (2010). Profil Perkembangan Anak; Prakelahiran hingga 12 tahun. Jakarta: PT Mdeks.

Martinis Yamin & jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Mayke S. Tedjasaputra. (2001). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Rosmala Dewi. (2005). Berbagai Permasalahan Anak Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Ditjen Mendiknas.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Litera.

Soemantri Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienka

Cipta. . (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukadiyanto. (2002). Teori dan Metodologi Melatih Fisik Petenis. Yogyakarta: FIK Universitas Negri Yogyakarta.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suwarsih Madya. (2006). Teori dan Praktek Penelitian Tindakan. Jakarta: Alfabeta

…………(2007). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: CV Alfabeta.

Takdirotun Musfiroh. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yudha M. Saputra & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Usia TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract has been read : 1106 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v6i1.3095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN