Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok

Ana Widyastuti

Abstract


Guru adalah pendidik yang sangat diperlukan dalam mengoptimalkan seluruh potensi anak didik, khususnya pengembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dan hasilnya dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5- 6 tahun di sekolah Taman Kanak-kanak Assaadah, Limo Depok. Metode penelitian yang digunakan yaitu dekriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 2 orang guru dan hasil penilaian pengembangan Bahasa dari 15 anak yang berusia 5-6 tahun. Hasil observasi, wawancara dan data penilaian pengembangan Bahasa pada anak usia 5-6 tahun, peneliti menganalisis dan mendeskripsaikannya. Upaya guru dalam lingkup Pengembangan Bahasa yakni dengan menerapkan bentuk materi pembelajaran bahasa di kelas. Melalui penerapan materi pembelajaran tersebut, hasilnya dianalisis oleh peneliti dengan empat indikator penilaian bahasa anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya, upaya guru dalam mengembangkan Bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Assaadah sudah maksimal. Sedangkan hasil penelitian pengembangan Bahasa pada anak, sebagian besar telah optimal perkembangannya. Anak pada usia 5-6 tahun di TK Assaadah telah Berkembang Sesuai Harapan, bahkan Berkembang Sangat Baik meskipun masih sedikit anak pada penilaian Mulai Berkembang. Itu berarti masih diperlukan upaya guru dalam mengembangkan Bahasa anak.

Keywords


Upaya guru; Bahasa; anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References


(2003). In U.-U. R. Nasional.. Jakarta: Kemendikbud.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Helmawati. (2016). Pendidik sebagai Model . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Helmawati. (2016). Penidik sebagai Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mansur. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-kanak. (2007). Jakarta: Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Replunlik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). Jakarta: kemendikbud.

Sujiono, Y. N. (2009.). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Sumartini, E. U. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi F, Pedagogik: Media dan Sumber Belajar di TK, Profesional: Bermain Sambil Belajar di TK . Bandung: PPPPTK TK DAN PB.

Sumartini., E. U. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi F, Pedagogik: Media dan Sumber Belajar di TK, Profesional: Bermain Sambil Belajar di TK. Bandung: PPPPTK TK DAN PB.

Suparlan. (2006). Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publisihing.

Syaiful, D. B. (2010). Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syaiful, D. B. (2010). Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta: Kemndikbud.

Utami, A. D. (2013). Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Taman Kanak-kanak. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik BPSDMPK-PMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Article Metrics

Abstract has been read : 1835 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN