Stimulasi Perkembangan Komunikasi Anak Usia 2 Tahun
Abstract
Bahasa merupakan bentuk komunikasi yang dapat diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan dengan didasarkan oleh sebuah aturan atau simbol. Perkembangan bahasa ini diperlukan untuk mengembangkan aspek bahasa. Perkembangan bahasa ini akan sangat berkembang dengan pesat dengan adanya stimulus dengan anak, terutama pada usia 2 tahun anak mengalami perkembangan bahasa yang pesat anak akan mulai bisa mengenal konsep sederhana. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perkembangan Bahasa anak X memiliki stimulasi yang kuat dari lingkungan, dengan tujuan mengetahui apakah stimulasi yang diberikan oleh lingkungan berhasil pada proses perkembangan bahasa pada anak X. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci dengan hasil penelitian yang akan menjawab hipotesis peneliti. Penelitian ini lebih menekankan tentang bagaimana lingkungan keluarga menjadi faktor utama berkembangnya bahasa pada anak. Stimulus serta rangsangan yang diberikan secara baik maka akan diserap dengan baik oleh anak. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan perkembangan bahasa pada anak X dari usia 15 bulan- 23 bulan memiliki stimulasi yang baik dengan adanya stimulasi dari keluarga dan lingkungan sekolah anak
Bahasa merupakan bentuk komunikasi yang dapat diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan dengan didasarkan oleh sebuah aturan atau simbol. Perkembangan bahasa ini diperlukan untuk mengembangkan aspek bahasa. Perkembangan bahasa ini akan sangat berkembang dengan pesat dengan adanya stimulus dengan anak, terutama pada usia 2 tahun anak mengalami perkembangan bahasa yang pesat anak akan mulai bisa mengenal konsep sederhana. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perkembangan Bahasa anak X memiliki stimulasi yang kuat dari lingkungan, dengan tujuan mengetahui apakah stimulasi yang diberikan oleh lingkungan berhasil pada proses perkembangan bahasa pada anak X. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci dengan hasil penelitian yang akan menjawab hipotesis peneliti. Penelitian ini lebih menekankan tentang bagaimana lingkungan keluarga menjadi faktor utama berkembangnya bahasa pada anak. Stimulus serta rangsangan yang diberikan secara baik maka akan diserap dengan baik oleh anak. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan perkembangan bahasa pada anak X dari usia 15 bulan- 23 bulan memiliki stimulasi yang baik dengan adanya stimulasi dari keluarga dan lingkungan sekolah anak
Keywords
References
Elima, kartika, rosalia. 2021. “peningkatan kesatuan bahasa anak usia dini melalui media pembelajaran interaktif budaya jawa”, dalam jurnal Obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 150-157
Hernimawati. 2018. Model implementasi kebijakan penataan reklame. Surabaya : CV. Jakad. Publishing Surabaya.
Hoff, Erika. (2014). Language Development Fifth Edition. United States Of America: Wadsworth, Cencage Learning.
Imam Muthie, Yaswinda. 2019. Stimulus kesantunan berbahasa anak usia dini di PAUD Hauriyah Halum, Padang. Dalam Indonesian Journal of : Islamic Early Childhood Education, 4(2), 127-136).
Indah Permatasari suardi Suardi, Syahrul R, Yasnur Asri. 2019. Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273.
Maharani, Surya. 2019. Pengaruh media boneka tangan (wayang) terhadap perkembangan Bahasa (kosakata) kelas B TKIT Baitul Jannah Kemiling Bandar Lampung.
Nandia Intan Suradinata, Ega Asnatasia Maharani. 2020. Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Jurnal for Education Research : jurnal pendidikan anak usia dini, 1(1), 28-37.
Karnemi, D., Fuziah, D. N & Syafrida, R. (2021). Implementasi metode bercerita terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di paud sahabat kecamatan rawamerta. Jrnal pendidikan anak usia dini. Review from https://www.ejournal.ihdn.ac.id?idndex.php/PW/issue/archive
Article Metrics
Abstract has been read : 164 timesDOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v11i1.13489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN