Peran Orangtua Terhadap Penyesuaian Diri Anak Usia Dini Tunanetra Di Kecamatan Karangrejo Magetan

Nurul Azizah, Suyadi Suyadi, Dea Rakhimafa Wulandari

Abstract


Anak usia dini tunanetra mampu menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Dilihat dari penorehan prestasi anak usia dini tunanetra di SLB Negeri Karangrejo Magetan banyak yang mampu bersaing dengan anak-anak normal lainnya seperti, hafalan surah pendek, lomba bernyanyi dan lain sebagainya. Subjek penelitiannya adalah orang tua anak usia dini tunanetra, sedangkan objeknya adalah peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak usia dini tunanetra. Penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana peran orang tua mengenai  penyesuaian diri anak usia dini tunanetra di kecamatan Karangrejo Magetan. Penelitian ini mendeskripsikan peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak usia dini tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Datanya diambil dari observasi kepada anak usia dini tunanetra dan wawancara secara langsung kepada orang tuanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman bagaimana peran orang tua terhadap penyesuaian diri anak usia dini tunanetra telah dimiliki, sehingga anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan secara bertahap. Dilihat dari segi sosial ada yang memanjakan anaknya (tunanetra) karena kekhawatiran yang berlebih akan kondisi anaknya ketika di ejek atau mendapat kesulitan lainnya. Ada pula yang membebaskan anak bereksplorasi, bergaul dengan orang-orang di lingkungannya dan tetap dalam pengawasan orang tua.

Keywords


Peran Orang Tua; Penyesuaian Diri; Anak Usia Dini Tunanetra

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Benjamin, W. (2019). No Titיליle. ペインクリニック学会治療指針2, 3, 1–9.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. PT. Raja Grafindo Persada.

Kisah Inspriratif Firda Hafiz Cilik Tunanetra Hitam Putih. (2018). https://www.youtube.com/watch?v=ek8864KYIZo

Lisanto, A., Andajani, S. J., & Wahyudi, A. (2020). Persepsi Anak terhadap Pola Asuh Orangtua Tunanetra. 6(2014), 50–61.

Mauladi, M., Reza, I. F., & Kailani. (2018). Religiusitas Penyandang Tunanetra. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 103–116.

Moleong, J. L. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhsinin, & Rahmaniar, R. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan dalam Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita di SDLB Negeri Barabai. Caring Nursing Journal, Vol. 5 No.(1), 19–23. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/700/435

Pumpungan, M. (n.d.). Resiliensi Keluarga Yang Memiliki Anak Tunanetra. 1–10.

Rakhmania, A. (2019). Orangtua Anak Tunagrahita dalam Memaknai Stigma Masyarakat Kepada Anak. Universitas Airlangga.

Setiarani, S., & Suchyadi, Y. (2018). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNA NETRA BERPRESTASI. 01(September), 15–18.

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabate.

Suheri, T. (1987). Peran Keluarga Dan Lingkungan Dalam Memberdayakan Anak Berkebutuhan Khusus. 12–21.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan (1st ed.). EGC.

Susanti, M., & Zulvianti, N. (2018). Pelayanan Pendidikan Inklusif Bagi Tunanetra (Studi Kasus di IAIN Imam Bonjol Padang ). Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 39–53. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi8udXCz_noAhXbzjgGHcn4AikQFjACegQIARAB&url=https%3A%2F%2Fejournal.uinib.ac.id%2Fjurnal%2Findex.php%2Falirsyad%2Farticle%2Fdownload%2F124%2F85&usg=AOvVaw1qkd7Mo7Ak4qg

Tanjung, B. S., & Iswari, M. (2019). SEKOLAH INKLUSI. 7(2011), 73–77.

Taufiq, N. S., T, Y. S., & Fitrananda, C. A. (2020). Bahasa Kasih Pada Tunanetra Anak Di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra ( BRSPDSN ). 11(2).

Utomo, dan N. M. (2019). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Penglihatan. Prodi PJ JPOK FKIP ULM Press.

Vani, G. C., Raharjo, S. T., & Hidayat, E. N. (2009). PENGASUHAN ( GOOD PARENTING ) BAGI ANAK DENGAN. 96–102.

Yuwono, Imam, dan M. (2021). Aksebilitas Bagi Penyandang Tunanetra di Lingkungan Lahan Basah. CV. Budi Utama.


Article Metrics

Abstract has been read : 227 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v11i1.12748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN