PERAN ORANGTUA ANAK USIA DINI DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI MASA NORMAL BARU

Luluk Asmawati

Abstract


Latar belakang penelitian ini memasuki tahun ajaran baru 2021/2022, Satgas Covid-19 telah memberikan informasi  penurunan penyebaran virus covid-19 Kab/Kota di Indonesia dengan istilah zona hijau, kuning, merah, dan hitam. Zona hijau diperbolehkan mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas. Tujuan penelitian ini: (1) peran orangtua membiasakan protocol kesehatan pada anak usia dini 4-6 tahun, (2) penerapan protokol kesehatan covid-19 di masa normal baru. Desain penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif analisis. Metode penelitian menggunakan survei. Hasil temuan penelitian: (1) peran orangtua membiasakan protocol kesehatan pada anak dengan: menanamkan keyakinan perlindungan dari Allah SWT setuju, teladan hidup sehiat sangat setuju, nasihat menerapkan 5M sangat setuju, perhatian pada kondisi kesehatan anak sangat setuju, membawakan peralatan sekolah setuju, membawakan bekal makanan bergizi setuju, menjalin komunikasi dengan satuan Pendidikan Anak Usia Dini setuju; (2) penerapan protocol kesehatan covid-19 di masa normal baru yaitu menjaga protocol kesehatan di dalam dan di luar kelas setuju, pengawasan sangat setuju, larangan sangat setuju, partisipasi aktif sangat setuju, menerapkan 3T (testing, tracing, treatment) setuju. Kesimpulan: (1) orangtua mendukung anak kembali belajar tatap muka di satuan Pendidikan Anak Usia Dini, (2) orangtua bersedia berpartisipasi  aktif menjaga kesehatan anaknya sesuai protokol kesehatan covid-19.


Keywords


peran orangtua, protokol kesehatan covid-19, anak usia dini, normal baru.

Full Text:

PDF_8

References


A.Ardiansyah, A. Arda. (2020). Peran Orangtua dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Jurnal Musma Vol 2. No 1. Juni 2020: 140-164.

Alifia, Vini; Benny Hendriana. (2021). Video Animasi Yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Masa Covid-19 Untuk Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Undiksha. Volume 9 Nomor 2 Tahun 2021, pp.243-251. P-ISSN 2613-9669, E-ISSN 2613-9650. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index.

Anhusadar, L & Islamiyah, I. (2020). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal PAUD, 5 (1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.55.

Arvin, Hikmati, Gowri Ramachandran; Bhaskar Khishnamachari. (2021). Privacy-Oriented Contact Tracing Protocols for Epidemics. Bourdeaux France: International Symposium on Integrated Network Management. ISSN: 1573-0077.

Audina B.P, Nidya; Yaswinda. (2021). Pola Asuh Di Masa Pandemi Covid-19 Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kab. Pesisir Selatan. Jurnal CARE 9 (1) Juli 2021. P-ISSN: 2355-2034; E-ISSN: 2527-9513. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php.JPAUD.

Betil Send, Fatma; Alev Ustundang. (2021). The Effect of Child Neglect and Abuse Information Studies on Parent’s Awareness Levels During The Covid-19 Pandemic. Children and Youth Services Review. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106271.

Coroin, Adina. (2021). Parent for Child Mask Behaviourisme During The Covid 19 Pandemic in Canada and The United States: An Investgation of Attitudes, Norms, and Perceived Control Using The Theory of Planned Behaviour. Preventive Medicine Reports 24 (2021) 101533. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101533.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Permendikbud No.146 Tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ega, Krisnawati. (2020). Cara Memakai Masker Pada Anak Menurut WHO Untuk Cegah Covid-19. Tirto.id

G.W. Creswell., C.N. Poth. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Books. Google.com.

I.L. Umroh. (2019). Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milllineal 4.0. Jurnal Ta’lim Vol. 2 No. 2. Ejournal.unisda.ac.id/index/php/ta’lim/article/view/1644.

Jannah, Nur; Khairul Umam. (2021). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Keislaman. Falasifa Vol 12 Nomor 1 Maret 2021.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Lee, Joyce Y; Olivia D.Chang; Tawfiq Ammani. (2021). Using Social Media to Examine Foster Families Concerns and Needs During Covid-19. Child Abuse and Neglect 121 (2021) 105262. https://doi.org/10.1016/j.chiabu. 2021. 105262.

Loth, K.A; Z.J; J. Wolfon; J.M. Berge; D.Newmark-Sztainer; J.O. Fisher. (2022). Covid-19 Pandemic Shifts in Food Related Parenting Practices Within on Ethically/Racially and Socioeconomically Diverse Sample of Families of Preschool-Aged Children. Appetite. 168 (2022) 105714. https://doi.org/10.1016/j.appet.2021.105741.

Malini, Sherly; Marsinah; M. Bambang Purwanto; Sri Purwani. (2021). Sosialisasi Protokol Kesehatan Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19. JPKM. Vol 1 No.1 Oktober 2021. P-ISSN 2807-3618; E-ISSN 2807-8306.

Maulana, Riqki; Anggi; Agus Riyadi. (2021). Konsep PAUD Dalam Keluarga dalam Perspektif Islam Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Agapedia. Vol 5 No. 2 Desember 2021. Page 264-277.

Maurice, V.A. Didillon; D.Purper-Ouakil; H.Kerbage. (2021). Clinic Care: Adapting A Parents Training Program to The Covid-19. Crisis in A Mental Health Care Setting in France. LENCEPHALE. https://doi.org/10.1016/j.encep.2021.06.012.0013-7006/@2021.

Nadhila Amalia, Noor; Ivan Rizalfiandrinata; Anisa Kusuma Ningsih; Nur Aziza Wahdaliya’ Frida Ni’matul Chusnah; Nizar Maulana Fachriansyah; Icha Hanifa Firdhaus. (2021). Hubungan Karakteristik Ibu Terhadap Perilaku Pemenuhan Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak Selama Pandemi Covid-19. BIOGRAPH: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic. Vol 1 Issue 2. 2021. DOI: 10.19184/biograph-i-vli2.23925.

Ozalp Gerceker RN, Gulcin; Emine Zahide Ozdemir, RN; Bilge Ozdemir RN; Murat Bektas, RN. (2020). Development of The Parental Attitude Scale-Protecting Children During Covid-19 and The Relationship Between Parental Attitude and Fera of Covid-19. Journal Pediatric Nursing xxx (xxxx) xxx. www.pediatric. Nursing.org. https://doi.org/10/1016/j.pedn.2021.09.007

Reista Asih Apriliani, Siti: Fitria Budi Utama. (2021). Peran Orangtua Dalam Menerapkan Kemampuan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini Pada Pandemi Covid-19 Di Lingkungan RT 04 RW 26 Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai hal 3852-3862. Vol 5 Nomor 2 Tahun 2021. P-ISSN 2614-6754 (Print); E-ISSN 2614-3097 (Online).

Rosidah, Diana; Sri Widayati. (2021). Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD Selama Masa New Nornal Covid-19. Jurnal CARE 9 (1) Juli 2021. P-ISSN: 2355-2034; E-ISSN: 2527-9513. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php.JPAUD.

Salmon, Karen. (2021). Covid-19 Special Forum Article: The Ecology of Youth Psychological Wellbeing in The Covid-19 Pandemic. Journal of Applied Research in Memory and Cognition 10 (2021) 564-579.

Setianingsih, Novi Indayati. (2021). Analisis Penerapan Protokol Kesehatan Pada Anak Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada. Health Sciences Journal Vol 12 Nomor 2 Desember 2021. https://doi.10.34305/JIKBH.V1212.339.

Shaleh, Muh; La Ode Anhusadar. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD Dalam Pembelajaran Tatap Muka Pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 Issue 2 (2021) Pages 2158-2167. E-ISSN 2549-8959 (online) P-ISSN 2356-1327 (Print).

Tanjung, RI. (2020). Peran Orangtua dalam PAUD Di Masa Pandemi Covid-19. Murmum: Jurnal PAUD, 1(2), 64-73. https://doi.org/10.37985/murhum.vli2.18.

Tetin, Nurfitri. (2019). Fungsi Orangtua: Pembiasaan Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Tunas Siliwangi. https:ejornal.stikipsiliwangi.ac.id.

Uzun, Halil; Nezahat Hamiden Karaca; Sermin Metin. 2021. Assessment of Parent-Child Relationship in Covid-19 Pandemic. Children and Youth Services Review 120 (2021) 105748. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105748.

Yamaoka, Yui; Hosozawa; Makiko Sampei; Naomi Sawada; Yusuke Okubu; Kyoko Tanaka’ Arisa Yamaguchi; Mayumi Hangai; Naho Morisaki. (2021). Abusive and Positive Parenting Behaviour in Japan During The Covid-19 Pandemic Under The State of Emergency. Child Abuse and Neglect 120 (2021) 105212. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2021.105212.


Article Metrics

Abstract has been read : 840 times
PDF_8 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v10i1.12081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN