PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN CIKANDE PERMAI

Lidya Ayu Agustin, Luluk Asmawati, Kristiana Maryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial youtube terhadap kemampuan menyimakkanak usia 4-5 tahun di Perumahan Cikande Permai. Metode yang digunakan dalam riset ini yaitu metode survei. Populasi dalam penelitian sebanyak 128 orang, teknik pengambilan sampel yang digunaka Purposive Sampling yang berjumlah 30 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuisioner atau angket. Data yang didapatkan dari kuesioner lalu dikumpulkan dan di analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS. Pengujian hipotesis yang dipakai pada penelitian ini memakai uji regresi linear sederhana karena hasil data yang telah di uji berdistribusi normal. Dari hasil analisis tersebut di dapatkan  nilai koefesien korelasi sebesar 0,593 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial youtube terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahunndi perumahan cikande permai dan dapat di lihat persamaan regresi Y= 37.394 + 0.507X dan nilai koefesien detirminasi atau R squaree0,352 artinya besarnya nilai kontribusi variabel media sosial youtube dalam mempengaruhi variabel kemampuan menyimak anak sebesar 35,2%.


Keywords


Media Sosial Youtube, Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun

Full Text:

PDF_7

References


Ahmad, Dewi Sintia, and Asdi Wirman. 2020. “Penggunaan Media Youtube Kids Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun.” JFACE Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education 2(3):311–19.

Anggraini, Vivi. 2019. “Stimulasi Keterampilan Menyimak Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3(1):30–44. doi: 10.19109/ra.v3i1.3170.

Angreany, Femmy, Nurming Saleh, and Misnah Mannahali. 2021. “YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning.” Proceeding of The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT) 1728–36.

Awang, Rambu Ery Ana. 2016. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Semarang.

Burroughs, Benjamin. 2017. “Youtube Kids: The App Economy and Mobile Parenting.” Social Media and Society 3(2). doi: 10.1177/2056305117707189.

JR, Ricci Rahmatillah, Amir Luthfi, and Mohammad Fauziddin. 2018. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini.” Aulad : Journal on Early Childhood 1(1):39–51. doi: 10.31004/aulad.v1i1.5.

Kurnia, Rita. 2019. Bahasa Anak Usia Dini. 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Luviana, Anatashya, and Santi Delliana. 2020. “Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official ( Cuci Tangan Yuk ) Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Anak.” Jurnal Ilmu Komunikasi 3(2):44–50.

Palupi, Intan Diyah Retno. 2020. “Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini.” Journal Edukasi Nonformal 127–34.

Putra, Asaas, and Diah Ayu Patmaningrum. 2018. “Pengaruh Youtube Di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak.” Jurnal Penelitian Komunikasi 21(2):159–72. doi: 10.20422/jpk.v21i2.589.

Ririn Puspita, Tutiasri, Laminto Niko Kurniawan, and Nazri Karim. 2020. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19.” Juurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM) vol.2, No(26556–6125):1–15.

Rochanah, Luluk. 2016. “Pengaruh Metode Bercerita Bermedia Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Dalam Hal Menyimak Dan Berbicara.” Jurnal Program Studi PGRA 2(1):1–8.

Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, and Junaidi Indrawadi. 2019. “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial.” Journal of Civic Education 2(4):313–23. doi: 10.24036/jce.v2i4.135.

Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: literasi media.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan. bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. bandung: CV Angkasa.


Article Metrics

Abstract has been read : 400 times
PDF_7 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v10i2.10964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN