peran orangtua dalam mengembangkan karakter disiplin anak usia 3-6 tahun di perum villa balaraja

Ninda Apriliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kewajiban orangtua dalam membimbing, mengarahkan dan memberi contoh dengan mendalami bagaimana anak paham dan anak diterima kehidupan bermasyarakat. Dampak penerapan karakter disiplin anak usia usia 3-6 Tahun dan Faktor penghambat dalam mengembangkan kararkter disiplin

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan wawncara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil tempat di Villa Balaraja Kab.Tangerang Banten. peneliti melibatkan 8 orang tua dan 8 anak usia 3-6 tahun yang berada di lingkungan..

Hasil dari penelitian bahwa hambatan dalam pengembangan karakter disiplin anak ialah adanya pengaruh keluarga. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan  mengenai “Peran Orangtua dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Pada Usia 3-6 Tahun di Perumahan Villa Balaraja Kab.Tangerang Banten” yang telah dijelaskan sebelumnya, peneliti mengambil kesimpulan dalam pengembangannya orangtua sudah aktif mengemembangkan disiplin, hasil pada anak-anak berbeda dapat dilihat dari tahapan usia, hal ini yang membedakan pengembangan disiplin. Adapun perlakuan nenek dan kakek yang menjadi hambatan adanya sikap memanjakan dari nenek dan kakek yang berlebihan.


Keywords


Peran orangtua1; pengembangan disiplin anak2

Full Text:

PDF_1

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36–49.

Laily, R. (2017). pendidikan dan perkembangan anak usia dini (T. Sundawati (ed.); 2nd ed.). FKIP UNTIRTA PUBLISHING.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter refleksi untuk pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: Kencana.

Suryono, Y., & Ernie Martsiswati. (2014). Peran orang tua dan pendidikan dalam menerima perilaku disiplin terhadap anak usia dini. Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1, 187.


Article Metrics

Abstract has been read : 275 times
PDF_1 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v10i1.10889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN