Media Bola Aritmatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini

Kurnia Shafa, Astuti Darmiyanti, Nancy Riana

Abstract


Kemampuan berhitung anak perlu distimulasi sejak dini. Hal itu perlu dilakukan  menggunakan kegiatan yang menyenangkan. Nyatanya di PAUD Naratas kemampuan berhitung anak rendah. Oleh karena itu    penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok A PAUD Naratas Rawamerta Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2020/2021 melalui media bola aritmatika. Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas dengan  model Kemmis dan Mctaggart. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelompok A PAUD Naratas yang berjumlah   15 anak. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak. Pada pra siklus kemampuan berhitung anak sebesar 30,4% dan meningkat sebesar 22,6% pada siklus 1 menjadi 53%, kemudian meningkat kembali sebesar 24% pada siklus II menjadi 77%. Berdasarkan hal tersebut ditemukan bahwa peningkatan terjadi melalui penggunaan  media bola aritmatika disetiap siklusnya.  


Full Text:

PDF_6

Article Metrics

Abstract has been read : 231 times
PDF_6 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v9i2.10325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN