KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kualitatif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Andika Cilegon-Banten)

Henny Nurhaeny, Tri Sayekti, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam kegiatan menggambar selama pandemi covid-19, 2) Mendeskripsikan metode yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam menggambar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 TK Andika Cilegon dengan anak usia dini 5-6 tahun. Hasil penelitian ini adalah: 1) karya yang diciptakan oleh anak-anak Kelompok B1 TK Andika memiliki nilai kreativitas yang tinggi dilihat dari nilai kefasihan, keluwesan, elaborasi, dan orisinalitas yang baik. 2) Metode yang mendukung kreativitas seni anak di TK Kelompok B1 Andika Cilegon adalah menggambar bebas dengan awalan bentuk datar. 3) Faktor pendukung pengembangan kreativitas seni anak di kelompok B1 adalah adanya sarana prasarana sekolah, guru yang kompeten, dan tingginya kemauan anak untuk menggambar, sedangkan faktor penghambat perkembangan kreativitas anak di kelompok B1 TK Andika adalah keterbatasan jam jurnal pagi akibat pandemi covid-19 dan faktor emosi anak yang tidak menentu.


Keywords


Anak Usia Dini, Kreativitas, Covid-19, Menggambar, TK

Full Text:

PDF_4

References


Afif Azizah. (2014). Perilaku Kreatif Anak TK ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A dalam Kegiatan Finger Painting. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi 9 Tahun ke-3.

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13194

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Davido, R. (2012). La decouverte de votre enfant par le dessin. Alih Bahasa Mengenal Anak Melalui Menggambar (S. W. Sarwono (ed.)). Salemba Humaika.

Firdausia, N., Hardiman, & Budiarta, I. G. M. (2017). Komunikasi Visual Gambar Anak-anak Periode Pra-bagan di Sekolah Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 7(1), 55. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v7i1.11363

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tidakan Kelas dan Studi Kasus. CV Jejak.

Indriwati. (2017). Hubungan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak di Kelompok B2 TK Al-Khairaat III Palu. Jurnal Bungamputi, 4.

Khoemaeny, F. F. dan N. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S Lukman : 12-19. Edu Publisher.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Gava Media

Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Pekerti, W., Tridjata, C., & Kusumawardhani, D. (2016). Metode Pengembangan Seni (1st ed.). Universitas Terbuka.

Quroti A’yun. (2019). Pengembangan Kreativitas Menggambar Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 1 Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Skripsi, IAIN.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. KENCANA Prenada Media Group.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Raudhah, 05(02).

Saputro, F. A. (2018). Perkembangan Seni Anak Usia Dini (STPPA Tidak Tercapai) Studi Penelitian di RA Baiturrohmah, Tridadi, Sleman. Jurnal El- Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan) ISSN 2528-3650, 3(3), 55–61.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya) (Pertama). KENCANA Prenada Media Group.

Yetti, E., Syarah, E. S., Suharti, Pramitasari, M., & Syarfina. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. LPP- Mitra Edukasi.


Article Metrics

Abstract has been read : 3320 times
PDF_4 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v9i2.10216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN