KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DALAM KEGIATAN MENGGAMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kualitatif pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Andika Cilegon-Banten)
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v9i2.10216Keywords:
Anak Usia Dini, Kreativitas, Covid-19, Menggambar, TKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam kegiatan menggambar selama pandemi covid-19, 2) Mendeskripsikan metode yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun, dan 3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini 5-6 tahun dalam menggambar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 TK Andika Cilegon dengan anak usia dini 5-6 tahun. Hasil penelitian ini adalah: 1) karya yang diciptakan oleh anak-anak Kelompok B1 TK Andika memiliki nilai kreativitas yang tinggi dilihat dari nilai kefasihan, keluwesan, elaborasi, dan orisinalitas yang baik. 2) Metode yang mendukung kreativitas seni anak di TK Kelompok B1 Andika Cilegon adalah menggambar bebas dengan awalan bentuk datar. 3) Faktor pendukung pengembangan kreativitas seni anak di kelompok B1 adalah adanya sarana prasarana sekolah, guru yang kompeten, dan tingginya kemauan anak untuk menggambar, sedangkan faktor penghambat perkembangan kreativitas anak di kelompok B1 TK Andika adalah keterbatasan jam jurnal pagi akibat pandemi covid-19 dan faktor emosi anak yang tidak menentu.
Downloads
References
Afif Azizah. (2014). Perilaku Kreatif Anak TK ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A dalam Kegiatan Finger Painting. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi 9 Tahun ke-3.
http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13194
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Davido, R. (2012). La decouverte de votre enfant par le dessin. Alih Bahasa Mengenal Anak Melalui Menggambar (S. W. Sarwono (ed.)). Salemba Humaika.
Firdausia, N., Hardiman, & Budiarta, I. G. M. (2017). Komunikasi Visual Gambar Anak-anak Periode Pra-bagan di Sekolah Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 7(1), 55. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v7i1.11363
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tidakan Kelas dan Studi Kasus. CV Jejak.
Indriwati. (2017). Hubungan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak di Kelompok B2 TK Al-Khairaat III Palu. Jurnal Bungamputi, 4.
Khoemaeny, F. F. dan N. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S Lukman : 12-19. Edu Publisher.
Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Gava Media
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.
Pekerti, W., Tridjata, C., & Kusumawardhani, D. (2016). Metode Pengembangan Seni (1st ed.). Universitas Terbuka.
Quroti A’yun. (2019). Pengembangan Kreativitas Menggambar Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 1 Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Skripsi, IAIN.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. KENCANA Prenada Media Group.
Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Raudhah, 05(02).
Saputro, F. A. (2018). Perkembangan Seni Anak Usia Dini (STPPA Tidak Tercapai) Studi Penelitian di RA Baiturrohmah, Tridadi, Sleman. Jurnal El- Hamra (Kependidikan Dan Kemasyarakatan) ISSN 2528-3650, 3(3), 55–61.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspeknya) (Pertama). KENCANA Prenada Media Group.
Yetti, E., Syarah, E. S., Suharti, Pramitasari, M., & Syarfina. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. LPP- Mitra Edukasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.