Pola Asuh Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan

Nidya Audina, Yaswinda yaswinda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pola asuh orang tua yang dominan dalam mendidik anak di masa pandemi covid-19 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah semua orang tua yang anaknya bersekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan yang berjumlah 40 orang tua, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah seluruh orang tua (ayah dan ibu) yang anaknya bersekolah di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan berjumlah 80 orang, dan sampel penelitian ini adalah berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah model angket yang setiap responden dapat memilih jawaban dengan cara memberikan tanda check (√). Yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas dan hasilnya valid dan reabel. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pola asuh orang tua di masa pandemic covid-19 bahwa pola asuh orang tua yang dominan dalam mendidik anak di masa pandemi covid di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan menggunakan pola asuh dominan demokratis baik dari pilihan jawaban jenis kelamin laki-laki (ayah) dan jenis kelamin perempuan (ibu).

 


Keywords


Pola Asuh,Orang Tua, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Khoirulliati, K., & Farisia, H. (2020). TREND POLA ASUH ORANG TUA DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 109-119.

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48

Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1-43

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Adhim, M. F. (2006). Positive Parenting: Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak Anda. PT Mizan Publika.

Bun, Y. (2020).Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. CAHAYA PAUD, 2(1).

Dariyo, Agus. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja, Ghalia Indonesia.

Hana, P. P. (2017) Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interkasi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(1) 1-18

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, 5(1), 549.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-198.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

RL, M. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. TARBAWI, 9(2), 129-140.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 1197 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.2573/jcare.v9i1.10036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN