Peningkatan pemahaman siswa melalui strategi Investigasi pada materi Program Linier di SMAN 2 Madiun

Mustain Mustain

Abstract


Dalam pembelajaran matematika, investigasi mempunyai peranan yang penting untuk melatih ketrampilan dan penalaran siswa melalui kajian bermakna (meaningful) yang terbuka terbatas (opened exploration). Dengan investigasi siswa akan belajar aktif dan memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir sendiri. Tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah yaitu  kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran strategi investigasi yang dapat meningkatkan pemahaman pada materi Program Linier siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Madiun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Siklus Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua Siklus. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siawa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Madiun yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa melalui strategi Invertigasi pada materi Program Linier di SMAN 2 Madiun mengalami peningkatan dengan prosentase aktivitas guru siklus I yaitu 84,7% dan siklus II menjadi 88,6% dan aktivitas siswa siklus I yaitu 75,4% dan siklus II menjadi 86,7% . Sedangkan pemahaman siswa yang di lihat dari hasil belajar siklus I yaitu 64,7% meningkat menjadi 86,7% pada siklus II.

Keywords


Pemahaman; Strategi Investigasi, Program Linier

Full Text:

PDF

References


Arikunto. dkk. 2007. Penelitian Siklus Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Dedikbud P2LPTK.

Degeng, I Nyoman Sudana. 1998. Mencari Paradigma Baru, Pemecahan Masalah Belajar, Dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang, Malang 30 November.

Eggen, P.D dan Kauchak,P.P. 1996. Strategies for Teaching: Teaching Content and Thinking skill. Boston : Alyn & Bacon.

Hadley, G. 1983. Linier Algebra (Aljabar Linier). Jakarta : Erlangga.

Hiebert, J dan Carpenter , T.P. 1992. Learning and Teaching With Understanding Dalam Dougles Grouws (Ed). Handbook of Research On Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmilan Publishing Company.

Hopkins, D. 1985. A Teacher’s Guide to Classroom Research. England: Open University Press.

Hudojo, H.. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Hudojo, H.. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: PPS UM.

Joyce, B dan Weil, M. 1986. Model Of Teaching: Prenticel Hall international.

Jafaruddin. 2005. Membangun Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Mareti Fungsi Invers. Di SMAN Baktiya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Khaulah, Siti. 2006. Pembelajaran melalui Pendidikan Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Program Linear pada Siswa Kelas X SMK Negeri I Peusangan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Muhsetyo, G. 1999. Strategi Investigasi Dalam Pembelajaran Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal jurusan pendidikan matematika FMIPA IKIP Malang: 73-82.

Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.

Orton, A. 1992. Learning Mathematics: Issues, Theory, and Practice. Great Britain: Redwood Books.

Pa’is. 2009. Peningkatan Penguasaan Konsep Volume Bangun Ruang Dengan Metode Penemuan Terbimbing Berkelompok Di MTS Darussa’adah Gubugklakah Kec. Poncokusumo Kab. Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Sutawidjaja, A. 1997. Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Matematika, IPA dan Pembelajarannya 20(2) : Malang 175-187.

Thelen Van de Walle, J.A..1990. Elementary School Mathematics: Teaching Developmentally. New York: Longman.

Tamrin. 2003. Belajar Kooperatif Model Grup Investigasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoema Pythagoras Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri Donggala. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.


Article Metrics

Abstract has been read : 216 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats