PROFIL LITERASI SAINS DAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 11 PEKALONGAN

Dianita Rokhmiati Ning, Feny Roshayanti, Joko Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrisikan 1. Profil literasi sains siswa, 2. Profil berfikir kreatif siswa kelas VII SMPN 11 Pekalongan pada materi klasifikasi makhluk hidup Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 11 Pekalongan sebanyak 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan data menggunakan soal tes esai yang kemudian dijabarkan berdasarkan indikator literasi sains dan kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan literasi sains siswa SMP N 11 Pekalongan dari skor maksimal 40 sebesar 11,6 ( 29%) dan dilihat dari indikatornya siswa yang mampu memahami fenomena sebesar 38,15 ( 53%), mengidentifikasi permasalahan ilmiah sebesar 2,1 ( 53%), menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 2,2 ( 57%), menggunakan bukti ilmiah sebesar 3,1 ( 79%) dan menerapkan konsep sains secara personal,sosial dan global sebesar 2,5 ( 64%).Sedang kemampuan berfikir kreatif siswa SMP N 11 Pekalongan adalah 16,6 ( 56%) dari skor maksimal 32. Jika dilihat dari kemampuan siswa berdasarkan indikator kelancaran/ Fluency sebesar 1,6 ( 49%), Keluwesan/ Flesibility sebesar 2,5 ( 80%), keaslian/Originality sebesar 2,4 ( 75%), Keterincian/Elaboration sebesar 1,8 ( 56%).


Keywords


Literasi sains, Berfikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Mijaya, N.P.A.P., A.A.I.A.R. Sudiatmika, and K. Selamet, PROFIL LITERASI SAINS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEVELS OF INQUIRY. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2019. 2(2): p. 161-171.

Muliyani, R. and Y. Kurniawan. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dan Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. in PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 2014.

Nofiana, M., Profil kemampuan literasi sains siswa smp di kota purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 2017. 1(2): p. 77-84.

PISA,2010, Assesing fragmework key competencies in reading, mathemaics, and science, OECD Publishing

Pertiwi, U.D., R.D. Atanti, and R. Ismawati, Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2018. 1(1): p. 24-29.

Puspita, L., N. Supriadi, and A.D. Pangestika, Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 2018. 9(1): p. 01-12.

Sunaryo, Y., Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. 2013, Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract has been read : 1544 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.6905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats