Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Pop-up book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Ruqoyyah Ruqoyyah, M. Aji Fatkhurrohman, Yuni Arfiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan dan pengaruh serta mengetahui keefektifan penggunaan model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif perserta didik. Pengambilan data yang diambil dengan teknis tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan dan pengaruh hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book dilihat dari hasil kemampuan awal dan kemampuan akhir peserta didik. Penelitian ini juga mengukur keefektifan model ikuiri terbimbing berbantuan pop-up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil analisis pada kelas eksperimen menggunakan N-Gain memperoleh rata- rata nilai sebesar 56,24 lebih besar dari kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 45,1. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA lebih efektif menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book daripada hanya menggunakan model inkuiri terbimbing

 

The purpose of this study is to determine the differences and effects and to determine the effectiveness of the use of guided inquiry models assisted by pop-up books to improve students' creative thinking abilities. Retrieval of data taken with technical tests, observation sheets, and questionnaires. The data analysis technique used is the t-test. The results showed that, there were differences and the influence of the learning outcomes of the control class and the experimental class on learning using the guided inquiry model aided by pop-up books viewed from the results of the students' initial and final abilities. This study also measures the effectiveness of the guided inquiry model assisted by pop-up books to improve students' creative thinking abilities. The results of the analysis in the experimental class using N-Gain obtained an average value of 56.24 greater than the control class which obtained an average of 45.1. This shows that science learning is more effective using the guided inquiry model assisted by pop-up books than only using the guided inquiry model.


Keywords


Guided Inquiry; Pop-up book; Creative Thinking; Students

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., & Santosa, S. (2013). Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5, 81–95.

Fatmawati, B. (2016). The Analysis of Students ’ Creative Thinking Ability using Mind Map in Biotechnology Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 216–221.

Kharisma, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Petrokimia di Kelas XI Mas Muta ’ Allimin Aceh Besar. Zigma, 13–18.

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book pada Mata Ppelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32.

Kuo, C., Yeh, Y., & Allen, A. P. (2016). Sensorimotor-Conceptual Integration in Free Walking Enhances Divergent Thinking for Young and Older Adults. Frontiers in Psychology, 7, 1–9.

Rahayu, P. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV SDN Petok Mojo. Simki-Pedagogia, 01(03).

Sutikno, W., & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 58–62.

Tanggaard, L. (2011). Stories About Creative Teaching and Productive Learning. European Journal of Teacher Education, 34:2, 219–232.

Ukhtinasari, F., & Mosik, S. (2017). Pop-up sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-Alat Optik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal, 6(2).

Widiyatmoko, a., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 1568 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats