Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) dengan Pendekatan Saintifik (Metode 5M) Terhadap Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMA/MA Negeri Kec. Sape

Edi Mulyadin, Khaldun Riyadi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Sape diperoleh informasi bahwa masih banyak permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13 di sekolah khususnya jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang statusnya Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana efektifitas implementasi kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik (metode 5M) terhadap siswa pada mata pelajaran matematika. Menulis laporan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi K-13 di kecamatan Sape masih kurang efektif karena masih ditemukan beberapa kendala di masing-masing sekolah yang peneliti kunjungi sebagai tempat penelitian, karena memang setiap sekolah memiliki keunggulan dan ciri khas dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun dalam mengimplementasikan kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut, salah satu hal yang mempengaruhinya adalah karakter siswa yang berbeda dimasing-masing sekolah.

 

Based on observations at Sape 1 Public High School, information was obtained that there were still many problems related to the implementation of the 2013 Curriculum (K-13 in schools, especially the equivalent status of high schools in the State in Sape District, Bima District. The purpose of this study was to determine how far the effectiveness of applying the 2013 curriculum with a scientific approach (5M method) to students in mathematics. Writing a qualitative research report The results showed that in general, the implementation of K-13 in Sape District was still ineffective because there were still some obstacles encountered in every school visited by researchers. as a place of research, because indeed each school has advantages and characteristics in the implementation of teaching and learning activities (KBM). As well as in implementing the curriculum that applies to schools, one of the things that influence it is the different character of students in each school.


Keywords


2013 Curriculum; Scientific Approach; 5M Method

Full Text:

PDF

References


Andang. 2014. Kebijakan Kurikulum.Malang : UMM Press Boeree, Dr.C. George. 2016. Personality Theories Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikologi Dunia. Yogyakarta : Prisma Sophie.

Fadillah, Muhammad ; Khorida, Lilif Mualifatul. 2016. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini :Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hidayat, Gufron. 2013. Move Mood On Hidupkan Potensi Tanpa Tapi, Sukses Tanpa Tepi. Depok : Mutiara Allamah Utama.

Idris, MeityH. 2014. Peran Guru dalam Mengelola Keberbakatan Anak. Jakarta : PT. Luxima Metro Media

Ilahi, Muhammad Takdir. 2016. Pendidikan Inklusif, Konsep & Aplikasi.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Mulyadin,Edi. 2010. “Efektivitas Kebijakan Pendidikan Budi Pekerti Pada Komunitas Homeschooling Sekolah Dolan”. Tesis Pasca Sarjana Jurusan Kebijakan Kurikulum UnivesitasMuhamadiyah Malang.

Novi, A. .2014. True Spirit Bacharuddin Jusuf Habibie. Yogyakarta : Lamafa Publika

Palmer, JoyA. 2015. Ide-Ide Berlian 50 Pakar Pendidikan Kontemporer Paling Berpengaruh di Dunia Pendidikan Modern.Yogyakarta : IRCiSoD.

Risaldy, Sabil. 2015. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Yogyakarta : PT. Luxima Metro Media.

Rifa’i, Muhamad. 2016. Sejarah Pendidikan Nasional dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rosyadi, Imron. 2016. RA Kartini Biografi Singkat 1879-1904.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Susilo, Taufik Adi. 2016. Lebih Dekat Dengan SBY. Yogyakarta : Garasi House of Book.

Sopyan, Imam ; Cahyana, Cucu. 2015. Super RPUL Rangkuman Pengatahuan Umum Lengkap+UUD 1945&Amandemen.Depok : Mutiara Allamah Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA. Undang–Undang Dasar (UUD) 1945 Negara Republik Indonesia Tahun1945. dkk.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. https://www.scribd.com/doc/149506006/Apa-Itu-Timss. Diunduh 28 juli 2018 pukul

21 Wita. https://dhanymatika.wordpress.com/2013/09/02/pisa-programme-internationale-for- student-assesment/. Diunduh 28 juli 2018 pukul 11.21 Wita


Article Metrics

Abstract has been read : 897 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats