Peningkatan Creative Thinking Skill Peserta Didik melalui Model Cooperative Learning Berbantu Peta Konsep pada Tema Pencemaran Lingkungan

Lailil Mukarrom, Bayu Widiyanto, Yuni Arfiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan creative thinking skill peserta didik antara penerapan model cooperative learning berbantu peta konsep dengan penerapan model cooperative learning tanpa peta konsep pada tema pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Pemalang. Desain penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengujian penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Instrumen yang digunakan yaitu soal pretest dan postest berbentuk uraian dengan 7 soal,  lembar observasi dan lembar penilaian hasil tugas mandiri peserta didik.  Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan dengan nilai signifikansi pada kelas eksperimen sebesar 0,016<0,05 dan pada kelas kontrol sebesar 0,013<0,05 antara penerapan model cooperative learning berbantu peta konsep dan model cooperative learning tanpa peta konsep untuk meningkatkan creative thinking skill peserta didik pada tema pencemaran lingkungan.

 

This study aims to determine the improvement of students' creative thinking skills between the application of cooperative learning models assisted with concept maps and the implementation of cooperative learning models without concept maps on the theme of environmental pollution. This research was conducted on grade VII students at SMP Negeri 8 Pemalang. The design of this study was the pretest-posttest control group design. The sampling technique used was purposive sampling. The testing of this study used a paired sample t-test. The instrument used was a matter of pretest and posttest in the form of a description with seven questions, an observation sheet, and an assessment sheet of students' independent assignment results. The results showed a significant increase with a significance value in the experimental class of 0.016 <0.05 and in the control class of 0.013 <0.05 between the application of cooperative learning models assisted with concept maps and cooperative learning models without concept maps to improve participants' creative thinking skills students on the theme of environmental pollution.


Keywords


Cooperative Learning; Mapping Concept; Creative Thinking Skill; Environmental Pollution

Full Text:

PDF

References


Annisah, S. (2014). Penerapan Metode Mind Map Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Tarbiyah, 21(1), 223–242.

Fauziah, N., Masykuri, M., & Nugroho, A. (2013). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Menggunakan Peta Pikiran Dan Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Siswa Kelas X Semester Ganjil Sma Negeri Kebakkramat Tahun Pelaj. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 132–139.

Hartantio, Y., & Buditjahjanto, I. A. (2014). Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Digital Di Smkn 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 133–140.

Isthofiyani, S. E., Prasetyo, A. P. B., & Iswari, R. S. (2016). Persepsi Dan Pola Perilaku Masyarakat Bantaran Sungai Damar Dalam Membuang Sampah Di Sungai. Journal Of Innovative Science Educations, 5(2).

Khanafiyah, S., & Yulianti, D. (2013). Model Problem Based Instruction Pada Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 35–42.

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41.

Negoro, R. A. (2018). Upaya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Peta Konsep. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3, 45–51.

Purnomo, D., Indrowati, M., & Karyanto, P. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran Di Sungai Pepe Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 59–69.

Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, 4(1), 41–48.

Thariq, A. (2014). Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakat Di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Geo, 14(2), 124–134


Article Metrics

Abstract has been read : 440 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats