Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Materi Gaya Di Sekitar Kita Kelas IV SDN 01 Koto Baru

Muhammad Subhan, Estuhono Estuhono, Riska Yulia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidik yang belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dikarenakan keterbatasan media yang digunakan. Oleh karena itu, pembelajaran ipas menjadi pembelajaran yang monoton sehingga membuat proses pembelajaran tidak menarik dan kurang menyenangkan. Sebagai pendidik guru harus mampu menjelaskan serta menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Untuk itu perlu adanya pembenahan dalam susatu proses pemebelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video animasi pembelajaran, sehingga membuat peserta didik aktif  dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D ( Reseach & Development ) dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap Anayze ( analisis), meliputi kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi. Tahap Design ( perancangan), tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap video animasi menggunakan aplikasi Canva. Tahap Development (pengembangan) dilakukan uji praaktikalitas dan efektivitas. Tahap Evaluation dilakukan evaluasi disetiap tahap pengembangan. Hasil penelitian pengembangan media video animasi pembelajaran pada uji validasi oleh 4 validator ahli. Validasi Bahasa oleh dosen 95% dalam kategori ”sangat valid”. Validasi media oleh dosen 79% dalam kategori ”valid”. Validasi materi oleh dosen 78% dalam kategori “valid”. Validasi modul ajar oleh dosen 75% dalam kategori “valid

Keywords


Video Animasi, Canva, IPAS, Kelas IV, Sekolah Dasar.

References


Aini, K., Rosidi, I., Muharrami, L. K., Hidayati, Y., & Retno, A. Y. (2023). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE BERBASIS ANIMATION DRAWING MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA MATERI. 6(1), 112–121.

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota …. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 671–680.

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Estuhono, E. (2022). Research-Based Learning Models in Physics for 21st Century Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1803–1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268

Guspitawati, S., Sari, A. M., Saputra, A., & Apreasta, L. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Junisawati, estuhono, muhammad subhan. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Pengembangan modul IPA SD model research based learning (RBL) untuk keterampilan 4 C’s siswa kelas IV pada tema pahlawanku. 1, 148–152.

Liyana Nurmalasari, M. Taheri Akhbar, Sylvia Lara Syaflin 1, 2. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HEWAN DAN TUMBUHAN (TUHETU) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI Liyana. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 207–213.

Nurhasanah, N., Subhan, M., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA SD Berbasis Model Research Based Learning (RBL) untuk Keterampilan 4C’s Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4614–4627. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1530

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Salita, R. D., Estuhono, E., & Mahmudi, M. R. (2021). Pengembangan Model IPA Berbasis Model Research Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Four Cs Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Sekolah Dasar 210 Tanjung Dani. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 232. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1201

Subhan, M. (2020). Analisis Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge Pada Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas V. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 174–179.

Wulandari, T., Mudinillah, A., Islam, A., Batusangkar, N., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD. 2(1), 102–118.

Yudianto, A. (2017). PENERAPAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Arif Yudianto. 234–237.


Article Metrics

Abstract has been read : 229 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.17224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats