Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) di SDN 1 Makarti Jaya

Tanzimah Tanzimah, Andreas Tyas Ananta, Yasir Arafat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV berdasarkan prosedur Newman Error Analysis (NEA) di SDN 1. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV.A yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan subjek penelitian mengalami kesalahan pada masing-masing butir dari 5 soal yang dibaerikan dengan berbagai jenis kesalahan diantaranya: kesalahan membaca 20% dengan jumlah kesalahan ada 18, Kesalahan memahami sebanyak 22,2% dengan jumlah kesalahan ada 20, Kesalahan Trnasformasi sebanyak 20% dengan jumlah kesalahan 18, Kesalahan ketrampilan proses 51,1% dengan jumlah kesalahan 46,dan Kesalahan penulisan jawaban sebanyak 53,3% dengan jumlah kesalahan ada 48

Keywords


Kesalahan Siswa; Newman Error Analysis (NEA)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Istiqomah, I., & Zakiyah, N. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas IV SD.3.

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India) An Analysis Using Newman Procedure. imternational journal of computer applications in engineering sciences, 2(1), 17-21.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. EduMa, 52-62.

Nuraini, N. S., Suhartono, & Yuniwatika. (2016). Kesalahan siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VI sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 168-175.

Pramesti, T., & Wardana, M. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan pada kelas IV SD Negeri Mayaran 02. Elementary School(2502-4264), 26-36.

Safitri , T, S. H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan (NEA). JURNAL profesi keguruan, 46.

Sugiono. (2021). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Zulyanty, M. (2019). Newman Eror Analysis Madrasah dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03, No 02(2614-3038), 379-388.


Article Metrics

Abstract has been read : 344 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats