Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa

Fadila A Djikilo, Perry Zakaria, Dewi Rahmawaty Isa, Majid Majid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematik asiswa pada materi himpunan melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batudaa pada tahun ajaran 2022-2023. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 26 siswa sebagai subjek penelitian. Istrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru menunjukkan kategori minimal baik atau sangat baik dengan presentase 97,06% sedangkan hasil pengamatan kegiatan siswa menunjukkan kategori minimal baik atau sangat baik dengan presentase 90%.Adapun tes hasil belajar menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 23siswa (88,46%) dan tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa (11,54%). Jadi, rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan telah memenuhi indicator keberhasilan belajar.


Keywords


Open Ended; Hasil Belajar Matematika; PTK

Full Text:

PDF

References


Aedi, W. G. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended. 03(02), 41–46.

Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.

Az-Zahra, R. A., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, August). Efektivitas model pembelajaran take and give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi di smk pgri wonoasri ditinjau dari motivasi belajar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 238-245).

Balya, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open ended Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada materi Listrik dimnamis Kelas X MAN. Dema.

Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. 06(03), 3287–3295.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Krisdiana, I., Ismarisa, A., & Fachmi, R. F. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Branding Pada Usaha Krupuk Puli “Sopo Nyono” Ngepeh Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(4).

Mikrayanti. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan open ended. 03(01), 43–50.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Pustaka Pelajar Offset.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Syiah Kuala University Press Perpustakaan.

Ristyaningsi, D., Abbas, N., & Oroh, F. A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Tehaap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa PadaMateri Belah Ketupat Dan Layang-Layang. 06(02), 127–138.

Rosalina, V. A., Gembong, S., & Maharani, S. (2022, August). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah deret geometri berdasarkan gaya belajar siswa. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 257-266).

Rusman, A. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. CV, Pena Persada.

Saputri, A. T., Suprapto, E., & Maharani, S. (2022). Students’ error analysis in solving contextual problem of flat-sided geometry based on nolting’s theory depends on gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 84-92.

Setyawati, W. E., Wieyanto, & Ekawati, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 9(3), 467–472.

Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika. CV Jejak.

Suciawati, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pangkat Dua Dengan Model Pembelajaran Open Ended. IV(02), 153–162.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyono, P. I., Zakaria, P., & Usman, K. (2021). Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. 04(02), 226–233.

Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery learning. 9(2), 103–108.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan.


Article Metrics

Abstract has been read : 224 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats