Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa

Fadila A Djikilo, Perry Zakaria, Dewi Rahmawaty Isa, Majid Majid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematik asiswa pada materi himpunan melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batudaa pada tahun ajaran 2022-2023. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 26 siswa sebagai subjek penelitian. Istrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil pengamatan kegiatan guru menunjukkan kategori minimal baik atau sangat baik dengan presentase 97,06% sedangkan hasil pengamatan kegiatan siswa menunjukkan kategori minimal baik atau sangat baik dengan presentase 90%.Adapun tes hasil belajar menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 23siswa (88,46%) dan tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa (11,54%). Jadi, rata-rata hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan telah memenuhi indicator keberhasilan belajar.


Keywords


Open Ended; Hasil Belajar Matematika; PTK

Full Text:

PDF

References


Aedi, W. G. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended. 03(02), 41–46.

Balya, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open ended Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada materi Listrik dimnamis Kelas X MAN. Dema.

Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. 06(03), 3287–3295.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Mikrayanti. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan open ended. 03(01), 43–50.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Pustaka Pelajar Offset.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Syiah Kuala University Press Perpustakaan.

Ristyaningsi, D., Abbas, N., & Oroh, F. A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Tehaap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa PadaMateri Belah Ketupat Dan Layang-Layang. 06(02), 127–138.

Rusman, A. (2020). Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. CV, Pena Persada.

Setyawati, W. E., Wieyanto, & Ekawati, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 9(3), 467–472.

Sriyanto. (2017). Mengobarkan Api Matematika. CV Jejak.

Suciawati, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pangkat Dua Dengan Model Pembelajaran Open Ended. IV(02), 153–162.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyono, P. I., Zakaria, P., & Usman, K. (2021). Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo. 04(02), 226–233.

Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery learning. 9(2), 103–108.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan.


Article Metrics

Abstract has been read : 224 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats