Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistics Mathematics Education pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango

Lastian I.L Kaaba, Majid Majid, Siti Zakiyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi yaitu oleh rendahanya hasil belajar matematika peserta didik khususnya pada materi himpunan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education  (RME). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada kelas VII di MTs Negeri 1 Bone Bulango. Tindakan kelas terlaksana sebanyak dua siklus karena pada siklus pertama belum mencapai kriteria pencapaian indikator. . Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I memiliki presentase sebesar 70,88%, dan pada siklus yaitu meningkat menjadi sebesar 81,66%. Sedangkan untuk hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56,81% dan pada siklus II memperoleh yaitu sebesar 80,69%. Untuk tes hasil belajar siswa yang awalnya pada siklus I yaitu hanya mencapai presentase sebesar 60% siswa yang mendapat nilai mencapai KKM. Pada siklus II memperoleh nilai  75 presentase sebesar 90% dan nilai  75  yaitu sebesar 10%. Diperoleh bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistick Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII di MTs Negeri 1 Bone Bolango.


Keywords


Realistics Mathematics Education; Hasil Belajar; Himpunan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. W., Isa, D. R., & Podungge, N. F. (2021). ANALISIS HASIL BALAJAR MATEMATIKA SISWA PADA METERI MATRIKS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS E- LEARNING. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknolog, 2-3.

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweny, K. A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 2-3.

Arsyat, M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADAMATERI. Jurnal Edukasi, Sains, dan Teknologi, -.

Bassey, Sam. W & Umoren, Grace. 2009. Cognitive Styles, Secondary School Students’ Attitude and Academic Performance in Chemistry in Akwa Ibom State-Nigeria.

Jupri, R., Zakariya, P., Majid, Resmawan, & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Oada Materi Operasi Himpunan. Euler, 274-275.

Ningsih, P. R. (2012). Profil berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. Gamanika, 2(2).

Tatu, A., Ismail. S., Resmawan. R., Djakaria. I., Usman. K., & Isa. D.R. (2021). Kemampuan siswa dalam mengaitkan objek matematika pada soal pola bilangan. Laplace

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 41-42.

Zakiyah, S., Usman, K., & Gobel, A. P. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 29-30.


Article Metrics

Abstract has been read : 166 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats