Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segi empat dan segitiga SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.
Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–534.
Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–534.
Astuti, M. D., Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 552-564.
Budiarto, K. D., Adamura, F., & Susanti, V. D. (2022). ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SELIMUT TABUNG DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL INTELLIGENCE. Prosiding SNasPPM, 7(1), 596-600.
Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022, August). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 369-378).
Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 3(2), 78–85.
Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 3(2), 78–85.
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994
Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Peluang. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.14496
Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Peluang. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.14496
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Jurnal Entropi, 13(1), 7–13. Jurnal, J., Pendidikan, I., Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of Comic Mathematics Learning Media Based on Contextual Approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.)8(2), 85–97.
Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Jurnal Entropi, 13(1), 7–13. Jurnal, J., Pendidikan, I., Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of Comic Mathematics Learning Media Based on Contextual Approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.)8(2), 85–97.
Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. 06(03), 2660–2672..
Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. 06(03), 2660–2672..
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392
Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).
Ratna Dewi,N., Hidayat, W,. & Eti Rohaeti. (2022). Development of teaching materials on plsv using scientific and contextual approach to improve mathematics communication ability. (Jiml) journal of innovative mathematics learning.5(1), 25–40.
Ratna Dewi,N., Hidayat, W,. & Eti Rohaeti. (2022). Development of teaching materials on plsv using scientific and contextual approach to improve mathematics communication ability. (Jiml) journal of innovative mathematics learning.5(1), 25–40.
Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa smp. 4(1), 16–23.
Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa smp. 4(1), 16–23.
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230
Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10392
Suprapto, E., Krisdiana, I., Apriandi, D., & Yuanawati, F. R. (2023). Development of Steam-C Integrated Student Worksheets to Improve Creative Thinking Ability on Flat Side Building Materials. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 549-564.
Tatu, A., Ismail, S., Resmawan, R., Djakaria, I., Usman, K., & Isa, D. R. (2021). Kemampuan Siswa Dalam Mengaitkan Objek Matematika Pada Soal Pola Bilangan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 141–151. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.12505
Wardani, A. E., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022, August). Pengembangan Modul Digital Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1096-1103).
Widyawati, I. O., Susanti, V. D., & Masfingatin, T. (2022). Analysis of Students' Mathematical Communication Ability in SPLDV Materials in terms of Verbal Linguistic Intelligence. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2).
Zakaria, P., Ismail, S., & Kiu, I. P. I. (2015). Pengembangan instructional video berbasis multimedia untuk materi sistem soordinat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 2013, 87.
Article Metrics
Abstract has been read : 235 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats