Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Segi empat dan segitiga SMP

Anisa Tilome, Majid Majid, Khardiyawan A.Y Pauweni, Yolpin Durahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi segi empat dan segitiga. Penelitian dilakukan pada siswa dan guru dengan menggunakan model pengembangan 4-D dan tahapannya meliputi define, design, development, disseminate. Pengembangan modul diperoleh dengan kriteria dan kelayakan melalui validasi ahli materi dan desain, uji keterbacaan serta uji coba. Validasi materi yang mencakup penilaian kelayakan isi serta kelayakan penyajian memperoleh persentase 80,55% dengan kategori valid.Validasi desain sampul, desain isi modul diperoleh persentase 86,11% dengan kategori sangat valid. Uji keterbacaan yang mencakup penilaian aspek tampilan, aspek penyajian dan aspek manfaat memperoleh persentase 92,36% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya pada angket respon siswa memperoleh persentase 88,44% dengan kategori sangat baik sedangkan angket respon guru memperoleh  persentase 83,93% dengan kategori baik. Sehingga modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi segi empat dan segitiga yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Keywords


Pengembangan; Modul matematika; Pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF

References


Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–534.

Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 3(2), 78–85.

Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994

Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Peluang. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.14496

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Ratna Dewi,N., Hidayat, W,. & Eti Rohaeti. (2022). Development of teaching materials on plsv using scientific and contextual approach to improve mathematics communication ability. (Jiml) journal of innovative mathematics learning.5(1), 25–40.

Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Jurnal Entropi, 13(1), 7–13. Jurnal, J., Pendidikan, I., Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of Comic Mathematics Learning Media Based on Contextual Approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.)8(2), 85–97.

Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. 06(03), 2660–2672..

Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392

Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa smp. 4(1), 16–23.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran

Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Journal On Education, 01(02), 524–534.

Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Learning Trajectory Based Instruction of the Congruence for Ninth Grade Using Central Java Historical Building. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. 3(2), 78–85.

Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994

Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Peluang. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.14496

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Ratna Dewi,N., Hidayat, W,. & Eti Rohaeti. (2022). Development of teaching materials on plsv using scientific and contextual approach to improve mathematics communication ability. (Jiml) journal of innovative mathematics learning.5(1), 25–40.

Ismail, S., & Bempah, H. O. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus I Materi Limit Fungsi. Jurnal Entropi, 13(1), 7–13. Jurnal, J., Pendidikan, I., Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of Comic Mathematics Learning Media Based on Contextual Approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.)8(2), 85–97.

Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. 06(03), 2660–2672..

Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392

Siliwangi, I., Terusan, J., & Sudirman, J. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa smp. 4(1), 16–23.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10392

Tatu, A., Ismail, S., Resmawan, R., Djakaria, I., Usman, K., & Isa, D. R. (2021). Kemampuan Siswa Dalam Mengaitkan Objek Matematika Pada Soal Pola Bilangan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 141–151. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.12505

Zakaria, P., Ismail, S., & Kiu, I. P. I. (2015). Pengembangan instructional video berbasis multimedia untuk materi sistem soordinat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 2013, 87.


Article Metrics

Abstract has been read : 234 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats