Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Matematika Peminatan Kelas X Terbitan Erlangga berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Lestari Fathan Asri, Teddy Alfra Siagian, Nur Aliyyah Irsal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal uji kompetensi buku Matematika Peminatan kelas X Terbitan Erlangga pada Materi Eksponensial dan Logaritma berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan ialah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini ialah soal dalam buku matematika peminatan kelas X yang disusun oleh Sukino, Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga dari enam tingkatan pada materi eksponensial dan logaritma yakni memahami (C2), mengaplikasikan (C3), dan menganalisis (C4). Persentase tingkat kognitif pada soal uji kompetensi materi Eksponensial yaitu C1 (0%), C2 (3,75%), C3 (83,75%), C4 (12,5%), C5 (0%), dan C6 (0%). Persentase tingkat kognitif pada materi Logaritma yaitu C1 (0%), C2 (6,25%), C3 (90%), C4 (2,5%), C5 (0%),  C6 (0%) dan 1 butir (1,25%) soal tidak terdapat penyelesaian.


Keywords


Buku Teks, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT. Remaja Rosdakarya.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, S. (2019). Sejarah Matematika. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa.

Hikmawati, N. (2018). Analisa Kesiapan Kognitif Siswa SD/MI. Kariman, 6(1), 109–128.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i1.81


Article Metrics

Abstract has been read : 417 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats