Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Anxiety Academic terhadap Skripsi

Dewi Lianasari, Purwati Purwati

Abstract


Kuantitas kelulusan tepat waktu mahasiswa menjadi hal yang penting bagi penilaian akreditasi program studi dan mahasiswa. Salah satu penyebab keterlambatan dalam kelulusan tepat waktu mahasiswa adalah kecemasan akademik terhadap skripsi atau sering disebut dengan anxiety academic. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah membantu mahasiswa untuk mengurangi anxiety academic terhadap skripsi melalui konseling kelompok pendekatan cognitive behaviour therapy teknik thought stopping. Metode dalam penelitian ini adalah pre eksperimen one group pre test post test design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan Cognitive Behavior Therapy teknik Thought Stopping mampu mengurangi anxiety acedemic mahasiswa terhadap skripsi dibuktikan dengan hasil uji statistik perhitungan Paired Samples test menunjukkan t-hitung = 13.132 > t-tabel= 2.015.


Keywords


Anxiety Academic; Konseling Kelompok CBT; Thought Stopping

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian ((Ed. Revis). UMM Press.

Atkinson, R. L. ; et al. (2000). Pengantar Psikologi (Edisi 11). Interaksara.

Davis, M. ;et al. (2000). The Relaxation & Stress reduction Workbook (5 ed.). New Harbinger Publication.

Diferiansyah, O. ; T. S. ; R. L. (2016). Gangguan Cemas Menyeluruh. Jurnal Medula Unila, 5(2), 63–68.

Eggen, P. ; K. D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir (Edisi 6). Indeks.

Etiafani, E. A. (2015). Self Regulated Learning dan Kecemasan Akademik pada Siswa SMK. Jurnal Empati, 4(4), 144–149.

Firmantyo, T. ; A. A. (2016). Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa. PSIKOHUMANIORA : Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 1–11.

Hidayati, E. ; R. (2015). Efektifitas Terapi Thought Stopping Terhadap Ansietas Klien Dengan HIV/AIDS di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 3(1), 51–56.

James, A. C. ; et al. (2018). Cognitive Behavioural Therapy for Anxiety Disorders in Children and Adolescents. University of Reading.

Jarnawi. (2020). Mengelola Cemas di Tengah Pandemik Corona. At -Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 60–73.

Kaczkurkin N. Antonia, E. B. F. (2015). Cognitive Behaviour Therapy For Anxiety Disorder : An Update On The Empirical Evidence. Dialogues in Clinical Neuroscience, 17(3).

Kodal, A. ; et al. (2018). Long Term Effectiveness Of Cognitive Behaviour Therapy For Youth With Anxiety Disorder. Jurnal of Anxiety Disorder, 58–67.

Marisa, C. E. F. S. U. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Motivasi Belajar Remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 25–32.

Nasution, M. L. (2011). Pengaruh Thought-stopping terhadap Tingkat Kecemasan

Keluarga (Caregiver) dengan Anak Usia Sekolah yang Menjalani Kemoterapi di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Universitas Indonesia. Nevid, J. S. (2005). Psikologi Abnormal (Kelima). Erlangga.

Prawitasari, J. E. (2012). Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Erlangga. Putri, A. P. K. ; A. S. (2020). Manajemen Kecemasan Masyarakat Dalam Mengahadapi Pandemi Covid-19. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 199–215.

Putro, F. W. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Akademik dengan Plagiarisme pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sejati, N. W. : R. P. (2012). Tingkat Kecemasan Sarjana Fresh Graduate Menghadapi Persaingan Kerja dan Meningkatnya Pengangguran Intelektual. INTUISI Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(3), 1–5.

Selvia, F. ; D. Y. P. S. S. (2017). Teknik Cognitive Structuring dan Thought Stopping dalam Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Bulliying Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti, D. W. ; F. N. R. (2011). Efektifitas Musik Klasik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas XI. HUMANITAS : Indonesian Psyhological Journal, 8(2), 129–142.

Sutriyani, L. P. (2020). Penerapan Terapi Thought Stopping Untuk Mengatasi Remaja Pecandu Minuman Keras. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 87–90.

Thahir, A. ; et al. (2018). Cinematherapy and Thought Stopping Tecniques to Reduce Sosial Anxiety. Proceding International Conference of Counseling Education and Psychology.

Ukhtia, F. ; I. F. R. Z. (2016). Hubungan Antara Religiusitas dengan Kecemasan Akademik pada Siswa Madrasah Aliah Negeri. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 2(2), 149–160.

Vivin ; dkk. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona : Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 240–257.

Wilding, C. dan A. M. (2015). Cognitive Behaviour Therapy. Indeks.

Winardi, A. ; U. K. K. ; M. K. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK UPI. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 194–199.

Zainiyah, Z. ; E. S. (2020). Anxiety in Pregnant Women During Coronavirus (Covid-19) Pandemic in East Java Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, 52(3), 149–153.


Article Metrics

Abstract has been read : 3666 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.