ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Iswahyudi Iswahyudi Universitas PGRI Madiun
  • Teguh Suharto Universitas PGRI Madiun
  • Sigit Ricahyono Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i1.9711

Keywords:

strategi, pembelajaran, daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi pembelajaran daring yang digunakan oleh guru-guru di SDN 2 Karangpatihan Kecamatan Balong Ponorogo selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, peristiwa, dan informan. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I sampai dengan guru kelas VI, peserta didik, dan wali peserta didik. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru kelas I sampai dengan kelas VI secara daring maupun kombinasi. Dokumen yang diamati dalam penelitian ini adalah, prota, promes, silabus, RPP, dan daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik metode triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 2 Karangpatihan berjalan dengan baik. Hasil pembelajaran guru yang menggunakan daring campuran menunjukkan hasil yang lebih baik daripada daring penuh. Semakin banyak variasi aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah. W., Sri. (2014). Materi pokok strategi pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. (Diunduh, 21/7/2020)

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, Vol 2, No 1 (2020).(diunduh 5 April 2021)

Bilfaqih, Y & Qomarudin, M.N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish. (Diunduh 17/7/2020)

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24-28. (Diunduh 5 April 2021)

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020, Nomor 440-882 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademtk 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Kustiani, I. & Despa, D. (2019). Persepsi Peserta Program PS PPI Unila Mengenai Aplikasi Pembelajaran Daring. [Edisi Khusus]. Buletin Profesi Insinyur 2(3): 122-124. (Diunduh 10/7/2020)

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ricahyono, S. (2016). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Paikem Inovatif Berbasis 101 Metode Guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MGMP Madrasah Tsanawiah Se-Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas Vol. 1 No. 1 Januari 2016. (Diunduh 5 April 2021)

Sasmiadi, Beny. (2019). Teacher’s Perception about Language Learning based Linguistic Intelligence. American Journal of Humanities Social Science and Research (AJHSSR). Vol(3) No(9). Hal 73-77.

Soleh, Dwi Rohman. (2020). Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Soleh, Dwi Rohman. (2021). Optimization of Drama Learning Model based On ‘Dongkrek’. AJHSSR Journal. Vol. 5 (5). Pp. 388-391

Suhada, I. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. http://sinta.ristekbrin.go.id/covid/penelitian/detail/363. (diunduh 3 Juli 2020)

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles