ANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA BALIHO KAMPANYE PEMILU DI KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2018
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v6i1.3370Keywords:
Diksi, Gaya Bahasa, Baliho KampanyeAbstract
Kampanye pemilu identik dengan penggunaan bahasa yang beragam dan menarik perhatian. Untuk itulah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa pada baliho kampanye pemilu di Kabupaten Magetan tahun 2018. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan melalui kata-kata pada data yang diperoleh berdasarkan fokus dan tujuan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut, penggunaan diksi yang ditemukan yaitu pemakaian kata bersinonimi dan berhomofon, pemakaian kata bermakna denotasi dan konotasi, pemakaian kata umum dan kata khusus, pemakaian istilah asing, pemakaian kata abstrak dan konkret, pemakaian kata populer dan kata kajian, pemakaian jargon, kata percakapan dan slang, dan pemakaian bahasa prokem. Pada penggunaan gaya bahasa, terdapat jenis gaya bahasa perbandingan, yang ditemukan adalah personifikasi, pleonasme, dan antisipasi. Pada jenis gaya bahasa pertentangan ditemukan hiperbola, litotes, ironi, dan paronomasia. Penggunaan jenis gaya bahasa pertautan ditemukan metonimia, eufemisme, asindenton, dan polisindenton. Berikutnya yaitu jenis gaya bahasa perulangan ditemukan aliterasi, asonansi, epizeukis, dan anafora.
Downloads
References
Lamuddin, Finoza. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Intan Mulia
Pamungkas, Sri. (2012). Bahasa Indonesia Berbagai Perspektif. Yogyakarta; CV. ANDI Offset
Rahardi, Kunjana. (2009). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta; Erlangga
Suwarno. (2012). Sejarah Politik Indonesia Modern. Yogyakarta; Ombak
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa Bandung; Angkasa