PEMANFAATAN VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENDENGAR BAHASA TIONGHOA DI PROGRAM STUDI BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

Authors

  • Lilik Suciwati Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Zhu Shuiqing Universitas Kristen Petra, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i2.21835

Keywords:

media video, Bahasa Tionghoa, keterampilan mendengar, model ASSURE.

Abstract

Media video saat ini telah banyak dimanfaatkan untuk mengajar Bahasa Tionghoa, termasuk dalam kelas “Keterampilang Mendengar Bahasa Tionghoa”. Permasalahan yang sering dihadap pengajar adalah sangat banyaknya pilihan sumber video, namun tidak ada metode pemanfaatan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi media video yang sesuai untuk mata kuliah “Keterampilan Mendengar IV” di Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra, (2) mengembangkan metode pemanfaatan video yang efektif dalam kelas “Keterampilan Mendengar IV”, (3) mengetahui pengaruh pemanfaatan media video terhadap keterampilan mendengar Bahasa Tionghoa. Penelitian dilaksanakan dengan tahap-tahap: (1) pengembangan rencana pembelajaran dengan memanfaatkan media video, (2) pemilihan media video dari internet berdasarkan kriteria dari studi literatur, (3) memvalidasi video yang terpilih baik dari segi materi maupun kualitas, (4) melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Tahapan ini sejalan dengan model perencanaan pengajaran ASSURE. Pengaruh pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan mendengar diperoleh dari pre and post test. Hasil observasi dan kuesioner menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran dengan media video membuat kelas menarik. Meskipun demikian hasil pre dan post test secara statistik tidak menemukan adanya perbedaan yang signifikan antara keterampilan mendengar sebelum dan sesudah pembelajaran. Tidak adanya perbedaan ini bisa jadi karena durasi pembelajaran yang masih kurang untuk dapat meningkatkan keterampilan mendengar secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baidu ensiklopedia bebas. 2014a. Input Hypothesis [in Chinese]. Retrieved November 6, 2014, from http://baike.baidu.com/view/688841.htm

Baidu ensiklopedia bebas. 2014b. Constructivist theory [in Chinese]. Retrieved November 5, 2014, from http://baike.baidu.com/view/1662295.htm

Dai, W.D. 2006. Chinese Foreign Language Teaching— Second Language Research Environment [in Chinese]. Shanghai: Shanghai Science and Technology Press.

Denning, D. (n.d). Video in Theory and Practice: Issues for Classroom Use and Teacher Video Evaluation. Retrieved March 24, 2015, from https://www.ebiomedia.com/downloads/VidPM.pdf

Du, D.M. 2008. Teaching Chinese as a Second Languge and Cultural Overview [in Chinese]. Beijing: Peking University Press.

Gesang, Y.J. 2009. “Developing and Deeping of Digitalized Teaching of Chinese to Foreigners— Taking the ‘Great Wall Chinese’ Multimedia Teaching Model as an Example”. Journal of Research on Education for Ethnic Minorities. Vol. 20 No. 91, pp.111-115.

He, K.K. (1997). “Constructivism –Theoretical Basis of Traditional Teaching Innovation [in Chinese]”. Journal of Educational Technology and Communication. No 3. Retrieved November 7 2014,

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles