PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA DIGITAL WORDWALL PADA PEMBELAJARAN SURAT RESMI DAN PRIBADI DI KELAS VIID SMP NEGRI 9 JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v12i2.21612Keywords:
Media Pembelajaran, wordwall, Hasil BelajarAbstract
Diterapkanya kurikulum Merdeka di Indonesia mengakibatkan seorang guru harus lebih inovatik dalam mempersiapkan media pembelajaran yang akan diaplikasi kan pada saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Selain itu media pembelajaran yang digunakan oleh seorang pendidik ketika melaksanakan pembelajaran tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini meneliti tentang peningkatan hasil pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh peserta didik kelas 7D di sekolah SMP Negri 9 Jember dengan memanfaatkan media digital berbasis online berupa web wordwall. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), sehingga memperoleh Kesimpulan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru memperoleh kenaikan yang sigifikan dalam setiap siklus nya. Jika dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 69,4 pada pra siklus, 80,9 pada siklus ke-1, dan 81,2 pada siklus kedua. Kemudian untuk presentase setiap siklusnya mendapatkan hasil 44% pada pra siklus, 69% pada siklus ke-1, dan 75% pada siklus ke-2. Sehingga media pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu berupa media digital berbasis web wordwall berhasil diaplikasikan kepada peserta didik, karena mengalami kenaikan hasil belajar pada setiap siklusnya.
Downloads
References
Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyhar. (2020). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Fitriati. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima . Prosiding Penelitian Dan Pengabdian, 7(1): 57–65.
Anita & Dzarna. (2022). Pelatihan Strategi Peningkatan Literasi Membaca Teks Digital (Reading Digital Text). Jurnal Dedication, Vol 6, No 2.
Fatria. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol.2, No.(1).
hamidah, s. &. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2) 109–119.
Riri. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP Negri 3 Kecamatan Pangkalan. Jurnal Education, 4, No 2.
Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.