PENGEMBANGANBUKU AJAR MENULIS PUISI BERBASIS NILAI RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 MANTINGAN NGAWI
DOI:
https://doi.org/10.25273/widyabastra.v2i2.2112Keywords:
Pengembangan, Menulis Puisi, Nilai ReligiusAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berusaha mengembangkan buku ajar menulis puisiberbasis nilai religius.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan, kualitas, dan implementasi buku ajar menulis puisiberbasis nilai religius. Sedangkan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Mantingan Ngawi.Hasil proses pengembangan buku ajar ditunjukkan pada tahap-tahap sebagai berikut. Validasi buku ajar dinilai oleh dua validator, hasil validasi menunjukkan bahwa buku ajar termasuk dalam kategori baik karena persentase ≥ 75%, hasil uji coba awal diujicobakan secara terbatas pada tujuh siswa kelas VIII dihasilkan angket siswa, wawancara guru, dan observasi pengamat. Dari hasil uji coba lapangan dihasilkan nilai siswa dalam menulis puisi menghasilkan nilai rata-rata siswa 80.Kualitas buku ajar menulis puisi berbasisnilai religius berdasarkan penilaian validator menyebutkan bahwa buku ajar tersebut termasuk dalam kategori berkualitas karena persentasenya ≥ 61%. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar menulis puisi berbasis nilai religius layak digunakan sebagai buku ajar menulis puisi kelas VIII.