ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI DALAM SKRIPSI MAHASISWA PBSI IKIP PGRI MADIUN TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Nia Binti Qurota A’yuni, Agus Budi Santoso, Dwi Rohman Soleh

Abstract


Morfologi dalam penulisan skripsi mahasiswa PBSI IKIP PGRI MADIUN Tahun Akademik 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan studi pustaka, dengan cara mengumpulkan buku-buku dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis atau analisis isi, yaitu dengan menganalisis bentuk-bentuk kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam skripsi mahasiswa PBSI IKIP PGRI MADIUN Tahun Akademik 2013/2014. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut bentuk-bentuk kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam skripsi mahasiswa PBSI IKIP PGRI MADIUN Tahun Akademik 2013/2014 berupa kesalahan yang dipengaruhi oleh penggunaan bahasa sehari-hari penulis. Kesalahan berbahasa tataran morfologi berupa Kesalahan dalam penggunaan morf meng-sebanyak 1 kata, Kesalahan dalam penyingkatan morf meny-sebanyak 1 kata, penghilangan afiks (penghilangan prefiks di-) sebanyak 3 kata, Peluluhan bunyi yang seharusnya tidak luluh (Peluluhan bunyi /a/, /c/, /k/, dan /p/) sebanyak 12 kata, Penggantian Morf (Morf per- tergantikan morf pe-, Morf ber tergantikan morf pel-) sebanyak 3 kata, Penentuan bentuk dasar yang tidak tepat (Pembentukan kata dengan konfiks me-...-kan dan konfiks ke-...-an) sebanyak 3 kata.


Keywords


Analisis Kesalahan Berbahasa, Tataran Morfologi, Skripsi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 5010 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i2.2111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats